“Ke depan, semua jenis bisnis tanpa terkecuali harus berbasis digital untuk bertahan. Ketika semua manusia mendapatkan informasi dari digital, maka sulit untuk bisnis bertahan ketika dia tidak memasuki ranah digital," ujar Meutya dalam webinar Ngobrol Bareng Legislator, Sabtu, 27 Agustus 2022.
Baca: UMKM Bakal Untung Jika Masuk Rantai Nilai Global |
Menurut dia, pemanfaatan ranah digital mesti mengedepankan strategi pemasaran. Termasuk, menggunakan jasa endorsment melalui relasi, kenalan, keluarga, ataupun influencer lokal.
"Tinggal bagaimana kita selaku pelaku UMKM menyesuaikan dengan target pasar yang kita tuju," kata dia.
Dia berpesan para pelaku UMKM, khususnya anak muda, dapat menjadi pelopor wirausaha. Milenial diminta mencurahkan ide kreatifnya di dunia maya.
“Semua anak muda harus berpikir kreatif dan menumpahkan ide kreatif kita dalam bentuk usaha di ruang digital,” kata dia.
Entrepreneur dan influencer Annisa Daulay mengatakan pemanfaatan ruang digital memudahkan UMKM. Hal tersebut sejalan dengan percepatan transformasi digital.
“Memanfaatkan ruang digital juga mempermudah penjualan, lalu interaksi dengan pelanggan lebih mudah, produk yang kita jual dapat menjangkau konsumen lebih luas, dan dapat mendukung branding dan promosi penjualan," kata Annisa.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News