"Sebagai omnichannel commerce enabler yang melayani bisnis berbagai skala termasuk UMKM, kami menyadari pentingnya periode pertengahan tahun bagi pemilik bisnis," ujar CEO Entrepreneur Solutions, SIRCLO Ferry Tenka dalam keterangan tertulis, Kamis, 27 April 2023.
Ia menjelaskan, periode ini memungkinkan pemilik bisnis untuk menarik wawasan selama enam bulan ke belakang dan menjadikannya sebagai basis yang kuat untuk menyusun strategi hingga akhir tahun.
Baca juga: UMKM Jangan Pusing Cari Dana, Pakai KUR Ini Saja |
Dengan optimisme perekonomian nasional pada awal tahun serta pola perilaku konsumen yang semakin terbentuk pascapandemi.
"Kami yakin pelaku UMKM dapat secara konsisten meningkatkan performa penjualan hingga akhir tahun," ucapnya.
Menurutnya, dapat terwujud dengan strategi bisnis yang terpadu serta pemanfaatan teknologi yang maksimal.
3 tips evaluasi kinerja UMKM
Ferry pun membagikan tiga tips bagi para pelaku UMKM dalam mengevaluasi kinerjanya agar siap menghadapi semester kedua 2023:1. Pentingnya memanfaatkan momentum spesial dalam meluncurkan kampanye marketing
Merek yang kuat dan dikenal di pasaran dapat membantu pelaku UMKM menarik pelanggan, memperkuat posisi merek di pasar, hingga akhirnya meningkatkan profitabilitas.
Namun, jika strategi pemasaran tidak diperbarui serta tidak sesuai dengan tren pasar dan target audiens, hal tersebut dapat menjadi hambatan untuk meningkatkan visibilitas bisnis di mata konsumen. Salah satu teknik pemasaran yang patut dicoba pelaku UMKM adalah meluncurkan kampanye yang dikaitkan dengan momentum spesifik.
Baca juga: Pemudik Bikin UMKM Cuan! |
2. Ketahui waktu favorit belanja konsumen
Berdasarkan data internal SIRCLO, selama kuartal pertama 2023 waktu favorit belanja konsumen terbagi menjadi dua rentang waktu, yakni pagi dan malam hari. Di pagi hari, konsumen rata-rata aktif berbelanja dari pukul 10.00 hingga 12.00.
Sedangkan pada malam hari, konsumen aktif berbelanja di waktu pascaberaktivitas, yaitu pukul 19.00 hingga 21.00. Dengan mengetahui waktu favorit belanja konsumen, tentu pelaku UMKM perlu memanfaatkannya untuk meningkatkan performa penjualan.
3. Manfaatkan strategi penjualan multikanal
Berdasarkan riset SIRCLO dan Katadata Insight Center, 85,6 persen konsumen memilih marketplace sebagai kanal berbelanja online terfavorit. Selain itu, sebanyak 85,2 persen konsumen juga mengungkapkan preferensi mereka dalam menggunakan lebih dari satu marketplace untuk berbelanja daring.
Dengan mengimplementasikan penjualan multikanal, pelaku UMKM dapat menyesuaikan perjalanan pembelian sesuai dengan kanal favorit konsumen sehingga pada akhirnya dapat memaksimalkan jangkauan produk.
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News