Bandara Internasional Yogyakarta. Foto: dok PTPP.
Bandara Internasional Yogyakarta. Foto: dok PTPP.

Proyek Bandara Yogyakarta dan Istora Papua PTPP Diapresiasi

Ekonomi infrastruktur ptpp Bandara Yogyakarta International Airport
Husen Miftahudin • 26 Agustus 2020 22:14
Jakarta: Proyek pembangunan Yogyakarta International Airport (YIA) dan Istora Papua yang digarap PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk atau PTPP diapresiasi sejumlah pihak. Pelaksanaan pembangunan kedua proyek tersebut mendapat enam penghargaan dari Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI).
 
Direktur Utama PTPP Novel Arsyad mengatakan proyek pembangunan Yogyakarta International Airport yang berlokasi di Jawa Tengah ini meraih tiga penghargaan MURI. Di antaranya sebagai Bandara dengan Penyelesaian Zona Airside Tercepat, Bandara dengan Pemakaian Beton Terbanyak, dan Pembangunan Konstruksi Bandara Internasional Tercepat.
 
"Dalam kunjungan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu, Presiden juga telah memberikan testimoni atas hasil kualitas pembangunan proyek Yogyakarta International Airport," ujar Novel dalam keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, Rabu, 26 Agustus 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, pembangunan proyek Istora Papua yang berlokasi di Jayapura juga meraih tiga penghargaan MURI. Adapun kategori penghargaan MURI yang berhasil diperoleh oleh proyek tersebut, yaitu Struktur Atap Baja Lengkung dengan Bentang Terpanjang, Struktur Dome dengan Atap Tanpa Baut Terluas, dan Instalasi Textile Duct dengan Ring Internal Diameter Terpanjang.
 
Struktur atap baja lengkung Istora Papua memiliki bentang sepanjang 90 meter. Sementara struktur dome seluas 7.300 meter persegi tanpa sambungan baut, dan instalasi textile duct dengan ring internal berdiameter sepanjang 477 meter.
 
Menurut Novel, Istora Papua merupakan bangunan dengan desain arsitektur khas Papua. Hal ini karena bentuk penutup atap Istora Papua menyerupai honai, rumah adat suku Dani yang tinggal di Lembah Baliem, Kabupaten Jayawijaya, Papua.
 
Selain itu terdapat motif mural Papua di beberapa sisi bangunan. Novel menuturkan bahwa desain ini merupakan karya asli bangsa Indonesia, dan perseroan mendapat kepercayaan untuk mengerjakan proyek bangunan ini.
 
"Hasil kerja keras dari karya anak-anak bangsa ini membuahkan hasil nyata dengan menorehkan rekor nasional yang luar biasa," tutup Novel.
 
(AHL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif