Penjualan Sembako. Foto : Medcom/Hadi.
Penjualan Sembako. Foto : Medcom/Hadi.

Harga Kebutuhan Pokok di Belitung Turun Setelah Lebaran

Antara • 31 Mei 2020 08:30
Belitung: Harga kebutuhan pokok di pasar tradisional Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mulai turun setelah Lebaran Idulfitri 1441 Hijriah.
 
"Harga mulai turun setelah sepekan Lebaran dan normal kembali dari sebelumnya," kata Kepala Bidang Usaha Perdagangan Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung, Rita Yuliani di Tanjung Pandan dikutip dari Antara, Minggu, 31 Mei 2020.
 
Ia menjelaskan turunnya harga bahan pokok usai Lebaran dikarenakan ketersediaan dan stok pada tingkat distributor di daerah itu masih mencukupi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berdasarkan pantauan, harga daging sapi turun dari Rp150 ribu per kilogram (kg)  menjadi Rp130 ribu per kg dan harga daging ayam turun dari Rp50 ribu per kg menjadi Rp45 ribu per kg.
 
"Kalau harga ayam potong sebenarnya masih bertahan tinggi turun cuma sedikit karena HET biasanya Rp35 ribu per kg," ujarnya.
 
Sementara itu, harga cabai rawit lokal turun dari Rp150 ribu per kg menjadi Rp110 ribu per kg, cabai besar turun dari Rp24 ribu per kg menjadi Rp22 ribu per kg dan cabai rawit turun dari Rp55 ribu per kg menjadi Rp50 ribu per kg.
 
Selanjutnya, harga bawang merah brebes turun dari Rp58 ribu per kg menjadi Rp56 ribu per kg, bawang merah besar atau batu turun dari Rp50 ribu per kg turun menjadi Rp48 ribu per kg.
 
"Kalau harga bawang putih saat ini masih bertahan normal Rp32 ribu per kg," katanya.
 
Ia menambahkan aktivitas pasar di daerah itu juga terpantau normal setelah hari kedua lebaran dan para pedagang terlihat mulai kembali berjualan.
 
Rita juga memastikan ketersediaan bahan pokok di daerah itu cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama tiga bulan mendatang.
 
"Kami juga terus turun dan memantau bersama satgas pangan," ujarnya.

 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif