Direktur Eksekutif Dompet Dhuafa Imam Rulyawan mengatakan, layanan ini diharapkan memudahkan masyarakat berdonasi baik menunaikan zakat, sedekah, infak, dan wakaf. Hanya dengan ponsel, masyarakat tetap bisa berbagi sambil beraktivitas dari rumah atau dalam pembatasan sosial.
"Melalui Chat Pay, Dompet Dhuafa mengajak semua lapisan masyarakat untuk berkurban dan berdonasi, semudah menarikan jari tangan di layar smartphone. Kemudahan tersebut menjadi kemasan terbaru berbagi kebaikan dari Dompet Dhuafa di tengah pandemi Covid-19," kata dia dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin, 22 Juni 2020.
Perkembangan teknologi komunikasi menjadi motivasi Dompet Dhuafa untuk terus menghadirkan kemudahan berdonasi hingga membayar kurban dari genggaman. Munculnya beberapa pilihan membayar kurban secara online atau melalui aplikasi digital, turut mendongkrak penghimpunan dana sosial termasuk kurban.
Kecanggihan teknologi komunikasi masa kini bisa memudahkan
Dirinya menambahkan, adanya Chat Pay tentu menambah daftar layanan kemudahan masyarakat untuk membayar donasi hingga berkurban baik itu melalui aplikasi digital khusus maupun transfer bank. Apalagi layanan ini juga didukung oleh sistem PT Bank BNI Syariah.
“Di tengah pandemi Covid-19, teknologi komunikasi sangat berperan vital terutama pada layanan berkurban maupun berdonasi. Ragam fitur dan kanal kurban serta donasi, dapat memudahkan masyarakat melakukan transaksi dengan tidak mengurangi kebermanfaatannya," ungkap dia.
Untuk menggunakan layanan WhatsApp Dompet Dhuafa Digital Banking, masyarakat hanya perlu mengetik Daftar#Nama Lengkap#Email, lalu ketik Menu, dan akan diarahkan untuk petunjuk selanjutnya. Ada tiga pilihan yaitu Donasi, Kurban dan Informasi.
"Setelah memilih menu yang diinginkan, kemudian secara otomatis muncul Rekening Virtual Account (VA) yang bisa di-copy dan digunakan untuk pembayaran melalui transfer via ATM maupun Mobile Banking berserta jumlahnya," jelas dia.
Transactional Business Division BNI Syariah Yuniara Kuswinda, menyambut baik kerja sama Dompet Dhuafa untuk layanan transaksi perbankan menggunakan Virtual Account BNI Syariah. Terlebih Dompet Dhuafa telah menjadi nasabah sejak awal berdirinya BNI Syariah.
"Sejauh ini, kerja sama BNI Syariah dengan Dompet Dhuafa terkait dengan penyaluran bantuan kemanusiaan dan transaksi menggunakan rekening giro BNI Syariah untuk rekening penampungan Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf (ZISWAF)," ujar Yuniara.
Dengan menggunakan virtual account BNI Syariah, masyarakat dimudahkan dalam hal pembayaran karena ada beberapa opsi baik single bank, multibank, dan multi channel. Diharapkan, BNI Syariah turut mendorong target untuk program Kurban Dompet Dhuafa tahun ini sebesar 40 ribu hewan kurban atau naik 60 persen dibandingkan tahun sebelumnya.
"Di tengah pandemi, kenaikan transaksi online menjadi bukti tren positif masyarakat dalam bertransaksi. Maka, di sini saya optimis bahwa kerja sama dengan Dompet Dhuafa tersebut akan mendapat sambutan baik dari masyarakat," pungkas dia.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News