Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. FOTO: Setkab
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. FOTO: Setkab

Menteri PUPR Targetkan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Rampung Seluruhnya di 2024

Antara • 23 September 2022 06:10
Jakarta: Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menargetkan pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan selesai seluruhnya pada 2024. Jalan tol itu diharapkan bisa memberi efek positif terhadap aktivitas perekonomian di masa mendatang.
 
"Kami coba untuk bisa selesaikan seluruhnya pada 2024. Untuk Lebaran 2023, kami coba sampai Gerbang Sukabungah, sementara 2024 selesai hingga Gerbang Jatiasih," kata Basuki, dilansir dari Antara, Jumat, 23 September 2022.
 
Dia menginstruksikan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk melakukan percepatan penyelesaian pembangunan secara bertahap, utamanya pada Seksi 3 Taman Mekar-Sadang sepanjang 27,85 km. "Kami akan selesaikan dulu ruas Sadang-Kutanagara sembilan kilometer pada Desember 2022 untuk mendukung arus libur Natal dan Tahun Baru," tuturnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami lihat persoalannya adalah masalah finansial. Saya sudah menghubungi Pak Wakil Menteri BUMN untuk bisa mendorong PT Jasa Marga mempercepat penyelesaian termin pekerjaan konstruksi yang sudah mencapai 67 persen," ucapnya.
 
Dengan mekanisme ini, Basuki berharap, PT Waskita Karya (Persero) selaku pelaksana konstruksi dapat fokus menyelesaikan pekerjaan Tol Japek II Selatan. Adapun Tol Japek II Selatan merupakan Proyek Strategis Nasional yang dibangun melalui pembiayaan APBN/APBD, BUMN, dan swasta dengan kerja sama BUJT PT Jasa Marga dan PT Wiranusantara Bumi.
Baca: Waduh! BI Ramal Pertumbuhan Ekonomi Dunia di 2022 Makin Seret

Jalan Tol Japek II Selatan akan menghubungkan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 1, JORR 2 dan Tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi). Pembangunan Jalan Tol Japek II Selatan diharapkan mendukung pengembangan kawasan industri, perumahan, maupun wisata sepanjang trase jalan tol tersebut.
 
Selain itu, juga menjadi alternatif rute masyarakat dari Jakarta menuju Bandung atau sebaliknya. Jalan Tol ini membentang sepanjang 64 kilometer (km) dengan biaya investasi sebesar Rp14,69 triliun dengan masa konsesi 35 tahun.
 
Pembangunan jalan tol ini terbagi tiga seksi yakni seksi 1 Jatiasih-Setu sepanjang 9,3 km, seksi 2 Setu-Taman Mekar sepanjang 24,85 km, dan seksi 3 Taman Mekar-Sadang sepanjang 27,85 km. Secara konstruksi, jalan tol ini akan memiliki tujuh gerbang tol (GT) yaitu, GT Jati Asih, GT Bantar Gebang, GT Setu, GT Sukaragam, GT Taman Mekar, GT Kutanegara, dan GT Sadang.

 
(ABD)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif