Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah - - Foto: dok Antara
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah - - Foto: dok Antara

Giant Tutup, Menaker Minta Kejelasan Nasib Pekerja

Ekonomi hero supermarket PHK Kemenaker Transformasi Bisnis Giant
Annisa ayu artanti • 29 Mei 2021 15:00
Jakarta: Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) meminta manajemen PT Hero Supermarket Tbk (HERO) untuk membuka ruang dialog dengan para pekerjanya. Hal ini seiring dengan rencana penutupan seluruh gerai Giant pada Juli 2021.
 
"Kita tetap akan melanjutkan proses fasilitasi dengan kembali mengundang kedua belah pihak, sehingga kita dapat memperoleh penjelasan yang lengkap mengenai rencana penutupan ritel Giant ini, termasuk mengenai kejelasan nasib para pekerjanya ke depannya," kata Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah dalam keterangan tertulis, Sabtu, 29 Mei 2021.
 
Ida pun berharap manajemen dapat melakukan berbagai upaya dalam menghindari adanya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap para pekerja. Jika PHK tetap harus dilakukan, Ida meminta penyelesaian hubungan kerja dilaksanakan secara musyawarah mufakat serta hak-hak pekerja dipenuhi secara adil.
 
"Namun bila berbagai upaya untuk menghindari PHK tetap tidak bisa dihindari, dan tidak ada pilihan lain, Pemerintah pun meminta perusahaan agar menjamin pembayaran hak-hak bagi pekerja sepenuhnya," terang dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di sisi lain, manajemen bisa memberikan opsi agar para pekerja yang ter-PHK memiliki kesempatan untuk bekerja di perusahaan-perusahaan yang masih berada dalam naungan HERO seperti IKEA, Hero Supermarket, atau Guardian.
 
Seperti diketahui, HERO telah mengumumkan akan mengubah fokus investasi perusahaan. HERO akan mengubah gerai-gerai Giant menjadi IKEA, Guardian, dan Hero Supermarket yang memiliki potensi pertumbuhan lebih tinggi dibandingkan Giant.
 
HERO akan mengubah hingga lima gerai Giant menjadi IKEA, yang diharapkan dapat menambah aksesibilitas bagi pelanggan. Adapun, gerai Giant lainnya akan ditutup pada akhir Juli 2021. HERO juga sedang mempertimbangkan untuk mengubah sejumlah gerai Giant menjadi gerai Hero Supermarket.

 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif