Ilustrasi. Foto: Dok. Kemenperin
Ilustrasi. Foto: Dok. Kemenperin

Industri Kapas AS Bantu Garmen Lokal Tingkatkan Produktivitas

Eko Nordiansyah • 24 Mei 2021 16:08
Jakarta: Cotton Council International (CCI) berkomitmen untuk memberikan solusi dan layanan bagi para pemain industri garmen global. Saat ini CCI memiliki lima program pengembangan bisnis yang membantu peningkatan keahlian lebih dari 1.500 pabrik di 50 negara.
 
Perwakilan CCI di Indonesia Andy Do mengatakan, CCI bekerja dengan pabrik pemintalan, produsen kain dan garmen, merek, pengecer, organisasi tekstil, pemerintah, dan USDA untuk memfasilitasi penggunaan kapas Amerika Serikat (AS) di 50 negara termasuk Indonesia.
 
"Industri kapas AS telah meluncurkan Cotton USA Solutions sebagai ide inovatif yang menawarkan nilai tambah tentang bagaimana para pelaku industri melakukan bisnis dan meningkatkan produktivitas," kata dia dalam keterangan tertulisnya, Senin, 24 Mei 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pelaku industri garmen di Thailand, Vietnam, Indonesia, dan Turki dapat mengikuti program ini dan saling berbagi pengalaman serta edukasi. Mill Exchange Program telah dilakukan di Vietnam, Thailand, Indonesia, India, Bangladesh, Pakistan, dan Turki.
 
Riset yang dilaksanakan oleh Yehia Elmogahzy dan David Sasso untuk Cotton Council International memberikan gambaran bahwa perusahaan yang mengikuti Mill Exchange Program mengalami efisiensi sebesar 18,5 persen terkait biaya produksi dan pemrosesan serat kapas AS.
 
Lima solusi dari CCI siap untuk diterapkan gratis untuk pemegang lisensi dan anggota. Di sisi lain, pemegang lisensi juga dapat menggunakan lisensi Cotton USA untuk mempromosikan produk yang mengandung 50 persen kapas AS di seluruh rantai pasokan dan di ritel.
 
AS saat ini memiliki U.S. Cotton Trust Protocol yang dapat membuktikan, mengukur, dan memverifikasi bahwa para pelaku industri membeli serat yang berkualitas dan diproduksi secara berkelanjutan, dan bahwa rantai pasokan bebas dari risiko lingkungan dan sosial.
 
Andy menambahkan, semua inisiatif dan program ini bertujuan untuk membantu dan mendukung pengusaha lokal di industri di Indonesia dalam mengembangkan usahanya, terutama di tengah pandemi. Dengan begitu, upaya ini akan meningkatkan produktivitas.
 
"Pemahaman yang baik tentang pentingnya penggunaan kapas berkualitas tentunya juga akan membantu pengusaha lokal dalam melakukan penyesuaian pada bisnis mereka dan mengikuti tren yang berubah agar tetap relevan dengan permintaan pasar," pungkas Andy.
 
 
(DEV)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif