Ilustrasi. Foto: Medcom.id
Ilustrasi. Foto: Medcom.id

Transformasi Bisnis Jadi Strategi untuk Bertahan Selama Pandemi

Eko Nordiansyah • 25 Maret 2022 23:02
Jakarta: PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) melakukan beberapa inisiasi strategis antara lain melaksanakan transformasi organisasi dan diversifikasi bisnis perusahaan untuk bertahan selama pandemi covid-19. Bahkan, transformasi ini juga telah berkontribusi positif terhadap kelangsungan usaha perusahaan.
 
Direktur Utama PT JIEP, Landi Rizaldi Mangaweang mengatakan, transformasi yang dilakukan perusahaan selama masa pandemi covid-19 juga telah membantu menciptakan laba korporasi. Pada 2020, Laba JIEP tercatat sebesar Rp30,3 miliar dengan pendapatan usaha yang mencapai Rp181,8 miliar dan total aset Rp800,2 miliar.
 
"Selama masa pandemi covid-19 tidak sedikit perusahaan yang mulai kolaps bahkan berhenti beroperasi. Untuk itu, manajemen PT JIEP melakukan beberapa terobosan antara lain dengan melakukan transformasi organisasi serta diversifikasi bisnis," kata dia dalam keterangan resminya, Jumat, 25 Maret 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia mencontohkan, salah satu diversifikasi bisnis yang dilakukan JIEP dari yang sebelumnya sebagai pengelola Kawasan Industri Pulogadung kini juga menjadi pengembang properti. Menurutnya, hal ini dilakukan sebagai upaya untuk lebih menjamin kelangsungan hidup perusahaan di masa depan.
 
Oleh karena itu, Landi mendapatkan penghargaan sebagai CEO BUMN Terbaik dalam kategori Strategic Orientation serta anugerah BUMN Terbaik II dalam kategori Transformasi Organisasi bagi PT JIEP dalam anugerah BUMN Award 2022. Ia menilai keberhasilan ini tidak terlepas dari kinerja seluruh insan JIEP untuk kemajuan perusahaan.
 
PT JIEP adalah perseroan terbatas milik Pemerintah dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan porsi kepemilikan saham masing-masing 50 persen yang pada awalnya bertugas menyediakan Tanah Kavling Industri (TKI) dan semua fasilitas industri bagi para investor yang akan melakukan investasi di bidang manufacturing.
 
"Pada perkembangan selanjutnya, PT JIEP melaksanakan diversifikasi sekaligus perluasan usaha dengan membangun secara bertahap bangunan sewa seperti Bangunan Pabrik Siap Pakai (BPSP), pergudangan, transit warehouse, retail business service management, total logistic solution, serta bangunan pendukung lainnya," pungkas dia.
 
(AHL)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif