Loker BUMN 2022 (ekrutmenbersama.fhcibumn.id)
Loker BUMN 2022 (ekrutmenbersama.fhcibumn.id)

Hati-hati! Pencari Kerja Diminta Waspada Penipuan Rekrutmen BUMN

Ekonomi BUMN Lowongan Kerja Kementerian BUMN Erick Thohir
Annisa ayu artanti • 27 April 2022 12:07
Jakarta: Kementerian BUMN mengingatkan masyarakat untuk waspada terhadap modus penipuan dan hoaks yang mengatasnamakan Kementerian BUMN, Forum Human Capital Indonesia (FHCI), atau BUMN terkait proses rekrutmen. Pasalnya, kerap kali penipuan berkedok rekrutmen BUMN memakan korban. Salah satunya meminta biaya untuk proses perekrutan.
 
"Seluruh tahapan proses rekrutmen peserta yang dilakukan oleh Kementerian BUMN, FHCI, maupun BUMN bebas biaya dan dijalankan secara profesional, transparan dan akuntabel, dengan mengedepankan nilai AKHLAK," tulis siaran pers Kementerian BUMN, dikutip Rabu, 27 April 2022.
 
Berikut ciri-ciri umum modus penipuan dan hoaks agar pencari kerja (job seeker) tidak tertipu:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Penggunaan surat dengan logo pada kop surat
 
Seluruh informasi proses rekrutmen yang diselenggarakan Kementerian BUMN, FHCI, dan BUMN, termasuk program Rekrutmen Bersama BUMN 2022 hanya diunggah dan tersedia melalui kanal-kanal resmi seperti situs dan media sosial Kementerian BUMN, BUMN-BUMN terkait, dan FHCI. Adapun, hasil pengumuman yang beredar dalam bentuk surat yang menggunakan logo pada kop surat adalah penipuan.
 
2. Tanda tangan yang mengatasnamakan manajer/direksi BUMN
 
Pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dapat menggunakan nama dan membubuhkan tanda tangan mengatasnamakan manajer/direksi BUMN. Oleh karena itu, pastikan cek kembali kebenaran informasi terkait rekrutmen BUMN yang diperoleh dalam bentuk apapun dengan mengunjungi kanal resmi perusahaan yang bersangkutan.
 
3. Pelamar diminta membayar sejumlah biaya
 
Seluruh tahapan proses rekrutmen yang dilakukan BUMN bebas biaya. Jika pelamar dihubungi dan diminta melakukan transfer dana, hal ini dipastikan penipuan.
 
"Jika masyarakat menemukan atau mengalami salah satu hal di atas, jangan ragu untuk melaporkan kepada Panitia Rekrutmen BUMN melalui kanal-kanal resmi Kementerian BUMN, FHCI, dan BUMN-BUMN terkait," imbaunya.
 
Untuk program Rekrutmen Bersama BUMN 2022, pelaporan terkait dengan modus penipuan dan hoaks dapat disampaikan melalui kanal resmi yaitu e-mail
rekrutbersama@fhcibumn.id, dan telegram Panitia Rekrutmen Bersama FHCI BUMN_bot.
 
Seperti diketahui, Kementerian BUMN tengah membuka kesempatan masyarakat Indonesia untuk bekerja di lebih dari 40 perusahaan BUMN. Berdasarkan pengumuman yang dikutip Medcom.id, Sabtu, 2 April 2021 lalu, terdapat lebih dari 2.700 lowongan kerja di BUMN group.
 
"Segera dibuka lebih dari 2.700 lowongan kerja di lebih dari 40 BUMN untuk putra putri terbaik bangsa," bunyi pengumuman tersebut.
 
Menteri BUMN Erick Thohir pun mengatakan, pihaknya akan terus membuat kesempatan bagi generasi muda untuk berkontribusi kepada negara. "BUMN terus ciptakan lapangan kerja," ucap Erick.

 
(HUS)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif