Kawasan terbuka kreatif M Bloc Space. Foto: Istimewa.
Kawasan terbuka kreatif M Bloc Space. Foto: Istimewa.

Anak Usaha Peruri Dorong UMKM Lewat Ruang Terbuka Kreatif

Eko Nordiansyah • 14 April 2022 19:08
Jakarta:  PT Peruri Properti (Pepro), anak perusahaan dari Perum Peruri, membantu para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan pegiat seni untuk bisa mendapatkan tempat memasarkan produknya. Salah satunya melalui kehadiran kawasan terbuka kreatif.
 
Peruri Properti sebelumnya mendirikan M Bloc Space di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan dan Kreo Creative Lot di Kreo, Kota Tangerang sebagai ruang terbuka yang menghadirkan kolaborasi produk kreatif dan brand lokal yang bergerak di bidang musik, fesyen, hingga kuliner.
 
Peruri bersama dengan Peruri Properti dan seluruh mitra bekerja sama merancang beberapa sejumlah program kreatif seperti pertunjukan musik, pameran seni, seminar/workshop hingga kolaborasi-kolaborasi lainnya dengan pegiat seni dan UMKM lokal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kegiatan-kegiatan ini selaras dengan tujuan perusahaan untuk membangkitkan pelaku UMKM dan pengusaha lokal serta memberikan nilai tambah bagi kehidupan masyarakat," kata Head of Corporate Secretary Peruri Adi Sunardi dalam keterangan tertulis, Kamis, 14 April 2022.
 
Peruri Properti melakukan revitalisasi dan transformasi bekas rumah dinas Peruri di Kebayoran Baru dan mengubahnya menjadi M Bloc Space. Hal yang sama juga dilakukan dengan mengembangkan aset Peruri yang idle di kawasan Kreo untuk menjadi Kreo Creative Lot.
 
Sejak pertama kali dibuka untuk publik, M Bloc Space dan Kreo Creative Lot tidak pernah berhenti memberikan alternatif hiburan dan ruang kreatif terbuka untuk masyarakat dan kaum milenial. Meskipun operasionalnya sempat terhenti akibat pandemi covid-19.
 
"Kini, secara perlahan pembatasan sosial kembali dibuka, M Bloc Space dan Kreo Creative Lot kembali menunjukkan geliatnya dengan menggelar beberapa event dan kegiatan di kedua creative-hub tersebut," ungkapnya.
 
Ia menambahkan, beberapa rencana telah disiapkan untuk pengembangan dua kawasan ini di antaranya pembenahan atau renovasi fisik, hingga menambah brand-brand baru sebagai bentuk penyegaran dan memberikan kesempatan bagi para pelaku usaha lokal lainnya.
 
Pada 2022, M Bloc Space akan fokus mengaktifkan kembali program M Bloc Academy (MBA) sebagai salah satu bentuk konkret dalam penyebaran ilmu praktis bagi dunia industri kreatif. Bahkan program ini telah bekerja sama dengan KOFICE, Badan Ekonomi Kreatif dari Korea.
 
"Saat ini program MBA dalam tahap penjajakan kerja sama dengan berbagai institusi atau komunitas kreatif agar M Bloc Academy dapat memberi keragaman topik atau tema yang bermanfaat untuk kaum muda kedepannya serta berjalan optimal," pungkas dia.

 
(HUS)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif