Ilustrasi. Foto: dok MI/Ramdani.
Ilustrasi. Foto: dok MI/Ramdani.

Pemprov Sulteng Kembangkan Pertanian Jagung dan Kelapa di Kabupaten Sigi

Ekonomi pertanian Ketahanan Pangan ekonomi daerah jagung Sulawesi Tengah
Antara • 06 Mei 2022 20:23
Palu: Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) mengembangkan pertanian jagung dan kelapa di Desa Bangga, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi. Hal ini sebagai upaya dalam rangka memperkuat ketahanan pangan daerah.
 
"Di Desa Bangga juga akan dibuka area perkebunan kelapa dan jagung," ucap Tenaga Ahli Gubernur Sulteng M Ridha Saleh, di Palu, Jumat, 6 Mei 2022.
 
Ridha Saleh mengemukakan bahwa penguatan ketahanan pangan dalam rangka mendongkrak target pembangunan ketahanan pangan nasional merupakan salah satu fokus penyelenggaraan pembangunan yang diselenggarakan oleh Gubernur Sulteng Rusdy Mastura.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pembangunan ketahanan pangan, sebut dia, tidak semata-mata demi untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat. Melainkan juga untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah dan masyarakat.
 
Di Desa Bangga, Kabupaten Sigi, ujar dia, menjadi satu wilayah potensial pengembangan jagung dan kelapa, yang hingga saat ini masyarakat di daerah itu terus melakukan budi daya komoditi tersebut.
 
"Bangga dalam sejarahnya memang satu wilayah yang menjadi penghasil kelapa, karena itu wilayah tersebut akan dikembangkan sehingga bisa memberikan manfaat besar kepada masyarakat," ujarnya.
 
Kata dia, Bangga di Kabupaten Sigi merupakan salah satu wilayah yang menjadi sasaran pengembangan ketahanan pangan dengan metode bio culture. Saat ini, Pemprov Sulteng sedang berupaya menyiapkan sarana dan infrastruktur di wilayah Kabupaten Sigi di antaranya meliputi jalan, jembatan, dan air bersih, untuk menopang percepatan pembangunan ekonomi masyarakat.
 
"Jadi area perkebunan harus dilengkapi dengan sarana pendukung, sehingga area itu dapat dioptimalkan pengembangannya dengan baik. Ini sedang disiapkan oleh Gubernur Sulteng Rusdy Mastura," ucap Edang sapaan akrab M Ridha Saleh.

 
(HUS)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif