Namun, di tengah kemudahan yang tersedia, aktivitas belanja online masih memiliki tantangan, salah satu yang masih kerap terjadi adalah kasus penipuan. Tidak adanya interaksi langsung antara pembeli dan penjual dalam aktivitas belanja online membuat munculnya kasus-kasus penipuan, seperti misalnya barang yang diterima pembeli tidak sesuai atau bukan barang original.
Kejadian seperti itu pun masih ditemui bagi pengguna e-commerce, salah satunya Shopee. Director of Business Fashion & FMCG Shopee Indonesia Putri Lukman pun berbagi kiat-kiat untuk pengguna Shopee terkhusus kaum perempuan yang kerap belanja di Shopee, agar tidak kena tipu dalam aktivitas belanja online.
1. Gunakan fitur Shopee Mall
Saat ini Shopee telah memiliki fitur baru yakni 'Shopee Mall', fitur ini bisa dimanfaatkan pengguna untuk terhindar dari kasus penipuan. Telah di kurasi secara langsung oleh pihak Shopee, toko-toko penjual yang tersedia di Shopee Mall sudah dipastikan penjual yang terpercaya dan menjual barang-barang yang original."Keunggulan dari Shopee Mall untuk para pengguna ini banyak banget, salah satu keunggulan yang bagus banget yang ditawarkan Shopee Mall adalah produknya original. Jadi kita benar-benar menawarkan kepastian buat pembeli," jelas Putri.
2. Manfaatkan fitur Shopee Live
Bagi calon pembeli yang mungkin masih ragu dengan kualitas atau keaslian barang yang di jual di Shopee. Kini pengguna bisa memanfaatkan fitur Shopee Live, calon pembeli bisa berinteraksi dengan penjual melalui fitur tersebut.Dalam Shopee Live, calon pembeli bisa bertanya secara real time kepada penjual terkait kualitas dan keaslian produk. Calon pembeli juga bisa melihat dengan jelas seperti apa wujud dari barang yang akan dibeli.
"Kalau dari kebutuhan pembeli saat ini kami lihat, pembeli itu makin lama makin pintar. Maunya beli barang dan gak mau kena tipu, mau barang dengan kualitas yang terbaik. Misalnya mau warna yang lebih baik, mau fungsinya yang lebih baik. Nah Shopee Live ini bisa sangat membantu, karena di sana mereka bisa berinteraksi langsung dengan penjual," terang Putri.
Baca juga: Cara Transfer ShopeePay ke GoPay |
3. Manfaatkan program garansi bebas pengembalian
Bila pembeli sudah kadung membeli barang namun ternyata barang yang diterima tidak sesuai dengan deskripsi atau gambar yang tertera pada toko, pembeli bisa memanfaatkan program garansi pengembalian.Program ini tentu menjadi jawaban akan kekhawatiran para pembeli bilamana mendapat barang yang tidak sesuai. Dengan program ini pembeli dapat mengembalikan barang yang sudah dibeli kepada penjual dan uang akan kembali 100%. Namun perlu diingat penggunaan program ini memerlukan syarat dan ketentuan yang perlu dipenuhi.
"Kami juga ada program garansi bebas pengembalian, nah khusus pembeli di Shopee Mall dipastikan ada program garansi. Jadi kalau ada barang yang ketahuan tidak original kita ada ganti ruginya bisa dua kali lipat dari harga barang," tegas Putri.
4. Manfaatkan fitur Shopee Video
Guna menghindari tertipu oleh penjual, calon pembeli juga bisa memanfaatkan fitur Shopee Video, yang mana calon pembeli bisa melihat lebih detail produk yang dijual melalui fitur tersebut.Menariknya dalam fitur Shopee video, pembeli tidak hanya melihat video yang dikirimkan oleh penjual melainkan juga bisa melihat video yang dikirimkan oleh pembeli lainnya, misalnya video unboxing dari pembeli lain.
"Buat orang yang gak punya waktu tapi mau nge-check produknya secara detail bisa memanfaatkan fitur Shopee Video. Di sana pembeli bisa melihat video-video unboxing dari pembeli lain atau video dari penjual. Jadi ini tentu sangat menjawab kebutuhan pembeli," jelas Putri.
Diketahui, Shopee dalam satu tahun terakhir telah mengalami pertumbuhan pesat. Berdasarkan data internal, setidaknya Shopee telah menjadi wadah bagi lebih dari 500 ribu UMKM baru yang ingin memasarkan produknya melalui digital platform.
Dengan angka yang luar biasa tersebut, karenanya, penting bagi para pengguna khususnya calon pembeli untuk lebih aware dan bijak dalam bertransaksi di Shopee.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News