Data internal Traveloka menunjukkan sebanyak 34 persen pengguna menyatakan memiliki preferensi baru terkait rencana perjalanan bersama keluarga, terutama dalam menyambut libur Lebaran 2023.
Sementara sebanyak 48 persen pengguna menyatakan mereka akan memanfaatkan momen Lebaran 2023 untuk merencanakan liburan, baik domestik maupun internasional.
"Dicabutnya PPKM pada 31 Desember 2022 membuat tren perjalanan baik domestik maupun internasional meningkat signifikan, khususnya pada masa libur Lebaran 2023," ungkap Chief of Marketing Officer Traveloka Shirley Lesmana dalam keterangan tertulis, Kamis, 30 Maret 2023.
Rencana berlibur naik dua kali lipat
Disebutkan, jumlah konsumen yang merencanakan untuk berlibur pada periode libur Lebaran 2023 meningkat. Ini terlihat dari melonjaknya pencarian penerbangan domestik yang mencapai hampir dua kali lipat dibandingkan tahun lalu.
Sementara berdasarkan Survei Badan Kebijakan Transportasi (BKT) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan pergerakan masyarakat mencapai 123,8 juta orang pada masa mudik Lebaran 2023. Jumlah ini meningkat 14,2 persen dibandingkan pergerakan masyarakat di masa Lebaran 2022 yang mencapai 85,5 juta orang.
Traveloka juga mencatat berbagai destinasi domestik yang paling diminati pengguna untuk merayakan libur Lebaran seperti Bali, Surabaya, Medan, Padang, Yogyakarta. Sementara itu, pengguna Traveloka menyebutkan Singapura, Malaysia, Thailand, Korea Selatan, Jepang diminati untuk destinasi internasional.
"Traveloka juga melihat moda transportasi favorit pengguna untuk menjalani libur Lebaran tak hanya pesawat, melainkan moda transportasi darat lainnya seperti kereta api, bus dan shuttle, serta mobil pribadi," urai dia.
Baca juga: Yeay! Cuti Bersama Lebaran 2023 Nambah Jadi 5 Hari |
Tebar promosi
Terkait hal itu, Traveloka melalui rangkaian kampanye #RAYAkanYourWay menghadirkan layanan end-to-end serta promosi menarik untuk pemesanan tiket transportasi pesawat terbang, kereta api, bus, maupun akomodasi serta atraksi hiburan, dilengkapi dengan fitur PayLater. Seluruh layanan ini akan semakin memudahkan konsumen dalam merencanakan perjalanan yang personalized dan fleksibel.
Rangkaian kampanye ini telah diluncurkan sejak 7 Maret 2023 untuk mengajak konsumen mengeksplorasi berbagai cara dalam merayakan libur Lebaran, mulai dari persiapan mudik hingga perjalanan liburan domestik maupun internasional.
Program promosi spesial menyambut Ramadan ini dimulai dengan tawaran diskon hingga Rp1 juta untuk pemesanan tiket pesawat domestik, diskon hingga Rp1,75 juta untuk reservasi tiket pesawat internasional, diskon hingga Rp300 ribu untuk reservasi tiket kereta, diskon reservasi bus dan shuttle, serta kejutan Flash Sale Ramadan.
"Menyambut libur Lebaran mendatang, tidak hanya produk dan layanan end-to-end bagi konsumen yang menjadi fokus kami, namun juga kesiapan dalam menghadapi lonjakan traffic pengguna," tutupnya.
*Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id*
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id