Kepala Perwakilan BI Malang Azka Subhan A mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk mendorong belanja produk UMKM lokal yang didukung pula oleh 15 Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah di Indonesia. Tema KKI untuk 2021 ini yaitu Sinergi, Globalisasi, dan Digitalisasi UMKM dan Sektor Pariwisata.
"BI Malang turut mendukung penyelenggaraan Karya Kreatif Indonesia Seri I. Pelaksanaan KKI pada 2021 ini akan diselenggarakan secara berseri. Seri I diselenggarakan pada hari ini 24 Maret 2021, seri 2 dan 3 insyaallah akan diselenggarakan pada Juni dan Agustus 2021," katanya, Rabu 24 Maret 2021.
Azka menambahkan upaya mendorong globalisasi UMKM dilakukan melalui peningkatan daya saing produk UMKM antara lain lewat kurasi, talkshow, business matching maupun kerja sama dengan investor. Mulai dari digitalisasi mewarnai berbagai program kreatif yang disusun secara terstruktur yang mengedepankan digitalisasi UMKM melalui program onboarding, serta perluasan penggunaan QRIS merchant/UMKM.
"Di era pandemi ini, sinergitas antar lembaga merupakan hal yang penting dalam upaya pemulihan ekonomi daerah dan nasional, khususnya dalam pengembangan sektor UMKM yang memiliki andil cukup besar terhadap perekonomian Indonesia," bebernya.
BI Malang berharap event KKI ini dapat mendorong peningkatan kredit perbankan untuk penyaluran UMKM, melihat besarnya peluang pengembangan UMKM. Sebab, berdasarkan data penyaluran kredit UMKM pada Februari 2021 di wilayah kerja BI Malang mengalami peningkatan, sebesar 5,64 persen.
"Tentunya dalam mendorong penyaluran kredit perbankan ini diperlukan sinergi yang baik dari lembaga keuangan maupun UMKM," imbuhnya.
Event KKI ini diselenggarakan Display Produk dari UMKM Binaan dan Mitra dari seluruh wilayah kerja BI Malang, capacity building, business matching, serta kurasi produk UMKM. Produk UMKM yang akan ditampilkan yaitu batik, kerajinan, kopi serta makanan olahan. Produk UMKM yang akan ditampilkan yaitu batik, kerajinan, kopi serta makanan dan minuman olahan dengan peserta.
Antara lain, Batik Anjani Kota Batu, Batik Antique Kota Malang, Batik Druju Kabupaten Malang, Batik Pandan Arum Kabupaten Malang, Batik Bimbing Kota Malang, Batik Prabulinggih Kota Probolinggo, Griya Madukara Kota Malang, Dinara Klompen Kota Malang, Eva Unique Kota Malang, Kopi Ledug Kabupaten Pasuruan, Kopi Sumadi Kabupaten Pasuruan, Kopi Margading Kabupaten Malang, Kopi Amadanom Kabupaten Malang, Gapoktan Mitra Arjuna Kota Batu, Andamel Mulyo Kota Batu, Sambal Mamani Kota Malang, Mangathat Kota Malang, dan Beras Lumpang Berlian Kabupaten Malang.
Selanjutnya, kegiatan capacity building diselenggarakan secara Hybrid dalam KKI 2021 dengan tema Suistanable Fashion, Pentingnya Prospek Produk Halal di Indonesia serta sosialiasi Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Untuk kegiatan Business Matching KPw BI Malang bekerja sama dengan Dekranasda, Malang Strudel, PT BNI (Persero) KC Universitas Brawijaya Malang, serta PT BSI KCP Pasar Besar Kota Malang. Sedangkan kurasi produk UMKM dilaksanakan oleh Dekranasda, Indonesian Fashion Chamber (IFC) Malang dan Toko Malang Strudel.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id