Ilustrasi. Foto: Medcom.id/Sobih
Ilustrasi. Foto: Medcom.id/Sobih

Wisata Bahari akan Dikembangkan untuk Pulihkan Perekonomian

Ekonomi Pariwisata Kementerian Kelautan dan Perikanan potensi bahari
Insi Nantika Jelita • 16 Februari 2021 08:31
Jakarta: Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mendukung pengembangan wisata bahari Indonesia dalam rangka pemulihan ekonomi akibat pandemi covid-19.
 
"Kalau kita berharap pada destinasi wisata seperti zaman normal rasanya berat. Harus ada sesuatu yang menarik. Logikanya kalau orang berwisata di laut jauh lebih sehat. Image ini harus dibangun dulu," ujar Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono seusai bertemu dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno di Kantor KKP, dilansir Mediaindonesia.com, Selasa, 16 Februari 2021.
 
Trenggono mengatakan, KKP memiliki pesisir dan ruang laut dari Sabang hingga Merauke yang bisa dimanfaatkan sebagai destinasi wisata bahari. Kemudian, kapal-kapal tidak terpakai yang dapat dimanfaatkan menjadi restoran terapung sebagai destinasi wisata kuliner.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pengemasan destinasi wisata ini, lanjut Trenggono, harus didukung oleh protokol kesehatan yang ketat. Selain itu diminta memerhatikan kelestarian lingkungan untuk menjamin keberlanjutan ekosistem pesisir dan laut.
 
"Di beberapa titik kita punya kapal yang bisa diupgrade untuk jadi restoran apung. Tapi jangan yang ramai , yang khusus saja. Misal hanya untuk menampung 25 orang," jelas Trenggono.
 
Sementara itu, Sandiaga mengaku akan menyiapkan skema untuk menghidupkan lokasi-lokasi wisata bahari di Indonesia. Dia yakin, dengan adanya dukungan ini, sektor pariwisata bisa menggeliat.
 
"Kita mau all out (maksimal) garap wisata bahari, mau kolaborasi," ujar Sandi.
 
 
(DEV)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif