Ilustrasi harga minyak goreng kemasan di pasar tradisional - - Foto: Andri Widyanto
Ilustrasi harga minyak goreng kemasan di pasar tradisional - - Foto: Andri Widyanto

Larangan Ekspor Berlaku hingga Harga Minyak Goreng Turun ke Rp14 Ribu

Ekonomi minyak goreng Ekspor CPO Harga CPO CPO Sawit Bahan Baku Minyak Goreng
Eko Nordiansyah • 26 April 2022 22:15
Jakarta: Pemerintah menegaskan larangan ekspor Refined Bleached Deodorized (RBD) Palm Olein yang merupakan bahan baku untuk minyak goreng diberlakukan hingga harga minyak goreng turun menjadi Rp14 ribu per liter.
 
"Jangka waktu pelarangan tentu sampai minyak goreng di masyarakat bisa menyentuh harga yang ditargetkan, yaitu Rp14 ribu per liter secara merata di seluruh wilayah Indonesia," kata Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam video conference, Selasa, 26 April 2022.
 
Ia menambahkan, larangan ekspor RBD Palm Olein, yang merupakan bahan baku minyak goreng ini akan diberlakukan sejak 28 April 2022 pukul 00.00 WIB. Ketentuan lebih lanjut akan diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) yang segera diterbitkan.
 
"Pelarangan ekspor RBD Palm Olein ini berlaku untuk seluruh produsen yang menghasilkan produk RBD Palm Olein. Bea cukai akan terus memonitor seluruh aktivitas dari kegiatan yang dilakukan perusahaan sesuai data Januari-Maret, sehingga tentu dari seluruh rantai pasok akan dimonitor oleh Bea Cukai," ungkapnya.
 
Untuk distribusi minyak goreng ini, pemerintah akan membayar selisih harga melalui BPDP KS tanpa mengurangi good governance dari BPDP KS yang diberikan kepada produsen. Selain itu penugasan kepada Bulog untuk melakukan distribusi minyak goreng curah kepada masyarakat di pasar-pasar tradisional.
 
"Terutama minyak goreng yang berasal dari kawasan pelarangan ekspor, yang produsennya tidak memiliki jaringan distribusi. Jadi kepada produsen yang biasanya mengekspor, tidak punya jaringan distribusi, sehingga diberikan penugasan kepada Bulog untuk melakukan distribusinya," pungkas dia.

 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif