Menparekraf Sandiaga Uno/Istimewa.
Menparekraf Sandiaga Uno/Istimewa.

Sandiaga Ingatkan Pentingnya Program Sadar Wisata

Antara • 22 Juli 2022 18:54
Jakarta: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengingatkan pentingnya program Sadar Wisata. Dia mengatakan program itu dapat meningkatkan kualitas destinasi dan pendapatan objek pariwisata, seperti desa wisata.
 
"Kita perlu masyarakat yang menyambut wisatawan dengan ramah tamah, pelayanan prima, dan kebersihan, keselamatan, kesehatan serta juga keberlanjutan lingkungan, pengelolaan sampah, hingga penggunaan energi baru dan terbarukan," kata Sandiaga dikutip dari Antara, Jumat, 22 Juli 2022.
 
Pihaknya meluncurkan Kampanye Sadar Wisata (KSW) serta Pelatihan dan Pengembangan Pemasaran Online dan Peningkatan Kualitas Layanan. Serangkaian program itu dilakukan di enam destinasi pariwisata prioritas (DPP), yakni Danau Toba, Borobudur, Prambanan, Mandalika, Labuan Bajo, Semeru, dan Wakatobi.
 

Baca: Labuan Bajo Bersolek, Ini Pekerjaan Rumah yang Harus Diselesaikan


Menurut dia, perlu sumber daya manusia yang mumpuni untuk meningkatkan kualitas pariwisata di Indonesia. Pihaknya memfasilitasi pelatihan bagi masyarakat di enam DPP dengan memberikan pengetahuan mengenai sapta pesona serta protokol CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Enviromental Sustainability).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sandiaga menyebut pengetahuan itu diperlukan untuk meningkatkan kualitas SDM. Sehingga, peningkatkan kualitas di bidang pariwisata dapat terwujud.
 
"Tujuannya agar masyarakat betul-betul melihat pariwisata ini sebagai bagian dari kehidupan mereka untuk meningkatkan mata pencaharian mereka dan ekonomi mereka," ungkap Sandiaga.
 
(ADN)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif