Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Foto : MI.
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Foto : MI.

Bio Farma Beli Bahan Baku Vaksin Sinovac Seharga Rp116 Ribu/Dosis

Ekonomi Bio Farma vaksin covid-19
Suci Sedya Utami • 27 Agustus 2020 20:45
Jakarta: PT Bio Farma (Persero) telah menjalin kerja sama dengan perusahaan biofarmasi asal Tiongkok, Sinovac Biotech Ltd untuk pengadaan bahan baku vaksin covid-19.
 
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan per dosis bahan baku, Bio Farma harus merogoh kantong sebesar USD8 atau setara Rp116 ribu (asumsi kurs Rp14.400 per USD.
 
"Harga yang sudah dikenakan Sinovac per dosis USD8 untuk 2020," kata Erick dalam rapat kerja bersama Komisi VI DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis, 27 Agustus 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia mengatakan untuk 2021 harga bahan bakunya dikenakan sebesar USD6-USD7 per dosis atau mengalami penurunan dari tahun ini.
 
Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) mengatakan di tahun ini Sinovac akan memasok bahan baku ke Bio Farma sebanyak 20 juta. Di tahun depan akan ada tambahan sekitar 250 juta dengan rincian 30 juta di kuartal pertama, serta sisanya di kuartal kedua dan ketiga.
 
Ia menambahkan alasan mengapa membeli bahan baku, tidak dalam bentuk produk. Tujuannya agar Indonesia melalui Bio Farma bisa belajar untuk memproduksi vaksin covid-19 sendiri.
 
"Supaya kita belajar produksi vaksin, jadi enggak terima vaksin jadi," jelas Erick.
 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif