"Di kategori produk Makanan dan Minuman, ada peningkatan penjualan takjil tiga kali lipat selama seminggu awal Ramadan dari rata-rata transaksi mingguan sepanjang 2023 di Tokopedia. Ini karena puasa berburu takjil menjadi kegiatan yang sering dilakukan masyarakat,” kata Direktur Corporate Affairs Tokopedia Nuraini Razak, dalam keterangan resminya, Rabu, 5 April 2023.
Bahkan, ia menambahkan, berbagai jenis takjil mengalami peningkatan transaksi yang signifikan melalui Tokopedia selama seminggu awal Ramadan 2023. Transaksi kelapa muda, misalnya, naik hampir dua kali lipat dibandingkan dengan rata-rata transaksi mingguan sepanjang 2023.
"Kelapa muda cenderung dicari banyak orang karena bisa membantu mencukupi kebutuhan elektrolit harian terutama selama berpuasa," jelas Nuraini.
Baca: Pengumuman, Insentif PPN Mobil dan Bus Listrik Berlaku hingga Desember! |
Dirinya menyatakan es cincau yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan memelihara kesehatan lambung juga mengalami kenaikan transaksi di Tokopedia lebih dari dua kali lipat di minggu pertama Ramadan. Transaksi es pisang ijo, kudapan manis khas Makassar yang terbuat dari pisang dibungkus lapisan tepung hijau, pun melonjak lebih dari dua kali lipat.
"Transaksi takjil populer lainnya untuk buka puasa, seperti kolak pisang dan kurma, meningkat masing-masing sekitar 3,5 kali lipat, sedangkan penjualan kolang kaling–yang biasanya menjadi campuran takjil–melonjak hampir empat kali lipat," kata Nuraini.
Beri kesempatan ke UMKM
Ia mengeklaim Tokopedia memberi panggung UMKM makanan dan minuman lewat Tokopedia NYAM! dan membuat jumlah penjual melonjak belasan kali. Kini sudah ada sekitar 12 juta penjual di Tokopedia, yang hampir 100 persennya pelaku UMKM. Belasan juta pelaku usaha ini menjual berbagai kategori produk termasuk makanan dan minuman."Di bulan puasa, Tokopedia membantu para penjual makanan dan minuman, termasuk takjil, untuk meningkatkan penjualan sekaligus mempermudah masyarakat menemukan beragam pilihan takjil lewat berbagi upaya. Salah satunya lewat kampanye Tokopedia NYAM!" kata Nuraini.
Lewat Tokopedia NYAM!, penjual makanan dan minuman bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Para pembeli di sisi lain dapat menikmati cashback, flash sale, dan penawaran lain agar belanja produk makanan dan minuman makin hemat.
"Antusiasme masyarakat dalam mengikuti kampanye Tokopedia NYAM! di minggu pertama Ramadan 2023 meningkat drastis. Jumlah penjual di Tokopedia NYAM! melonjak hampir 12 kali lipat dibandingkan dengan periode yang sama di Ramadan tahun lalu. Jumlah pembeli yang berbelanja lewat Tokopedia NYAM! juga meningkat lebih dari 13 kali lipat," jelas Nuraini.
Deliki, misalnya, salah satu UMKM makanan tanpa MSG, pengawet dan pewarna di Tokopedia NYAM!, mengalami kenaikan transaksi lebih dari 3,5 kali lipat selama seminggu awal bulan puasa dibandingkan dengan periode yang sama di Ramadan tahun lalu.
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News