Ilustrasi produsen sepeda - - Foto: Medcom/ Triawati Prihatsari
Ilustrasi produsen sepeda - - Foto: Medcom/ Triawati Prihatsari

Produsen Sepeda Lokal Difasilitasi Berlabel SNI

Ekonomi sepeda sni Kementerian Perindustrian
Ilham wibowo • 08 September 2020 21:55
Jakarta: Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memfasilitasi produsen sepeda di Tanah Air untuk memperoleh Sertifikasi Produk Penggunaan Tanda Standar Nasional Indonesia (SPPT SNI). Regulasi SNI ini sekaligus melindungi produk nasional dari serbuan impor.
 
"Dalam implementasinya, penerapan sistem manajemen mutu adalah syarat untuk memperoleh SPPT SNI," kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin Doddy Rahadi melalui keterangan tertulisnya, Selasa, 8 September 2020.
 
Doddy mengungkapkan Balai Besar Bahan dan Barang Teknik (B4T) serta Balai Besar Logam dan Mesin (BBLM) telah memfasilitasi PT. Kreuz Indonesia terkait bimbingan teknik penerapan sistem manajemen mutu dan pelayanan SPPT SNI.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Perusahaan tersebut merupakan produsen sepeda nasional yang mulai berkembang seiring terjadinya peningkatan order dari pasar domestik.
 
"Pada awalnya, CV Kreuz membuat rangka sepeda lipat dengan kapasitas mencapai 10-15 unit per bulan. Seiring waktu, terutama dampak pandemi yang membuat masyarakat lebih giat berolahraga dengan bersepeda, pesanan rangka sepeda lipat Kreuz pun semakin meningkat tajam sebanyak 100 unit per bulan, dan berubah dari CV menjadi PT," paparnya.
 
Ia menambahkan supervisi penerapan sistem manajemen mutu diberikan oleh B4T, sedangkan layanan sertifikasi SNI dan pengujian diberikan oleh BBLM. Bimbingan teknik meliputi pelatihan pengenalan, pemahaman dan dokumentasi sistem manajemen mutu atau Quality Management System (QMS) SNI ISO 9001:2015.
 
"BBLM juga telah melakukan kunjungan industri, sosialisasi prosedur permohonan SPPT SNI, titik kritis (critical point) pengendalian mutu dan proses produksi sesuai skema sertifikasi dalam Permenperin 30/2018," pungkas dia.
 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif