Ilustrasi gula - - Foto: MI/ Susanto
Ilustrasi gula - - Foto: MI/ Susanto

Stok Gula Pasir di Sulsel Mencukupi Jelang Ramadan

Ekonomi gula Ramadan 2020
Muhammad Syawaluddin • 28 Maret 2020 19:00
Makassar: Kebutuhan gula pasir untuk masyarakat Sulawesi Selatan mencukupi jelang masuknya Ramadan. Pernyataan itu seiring dengan terjadinya kelangkaan gula pasir beberapa waktu terakhir.
 
Kepala Dinas Perdagangan Sulawesi Selatan, Hadi Basalamah mengatakan, pemerintah daerah masih memiliki stok gula pasir sebanyak 1.183 ton. Rencananya stok ini akan didistribusikan sebelum puasa agar tidak terjadi kelangkaan maupun kenaikan harga melebihi harga eceran tertinggi (HET).

 
"Stok gula pasir yang kita punya saat ini dapat didistribusikan selama 8-9 hari. Upaya ini juga agar harganya gula pasir nanti tetap wajar," katanya, di Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu, 28 Maret 2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski stok gula pasir hanya cukup untuk sembilan hari, ia memastikan stok tersebut akan bertambah setelah masuknya musim giling pada April mendatang.
 
"Kami juga akan menerima bantuan dari pemerintah pusat sebanyak 12.500 ton. Pengirimannya dilakukan dua tahap, pertama ada 10 ribu ton dan kedua ada 2.500 ton, itu nantinya untuk menutupi kebutuhan pasar," katanya lagi.
 
Adapun kebutuhan gula pasir di Sulsel mencapai 10 ribu ton per bulan. Kebutuhan itu akan meningkat hingga 15 persen jelang Ramadan dan Idulfitri.
 
Selain gula pasir, Dinas Perdagangan Sulawesi Selatan juga akan memantau kebutuhan pokok lainnya seperti, ketersediaan beras, bawang putih, terigu, bawang merah, cabai dan kebutuhan bahan pokok lainnya.
 

(Des)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif