Ilustrasi Moell. Foto: Dokumen Lazada
Ilustrasi Moell. Foto: Dokumen Lazada

Bukan Cuma Modal Viral, Brand Moell Bukti Produk Bayi Lokal Bisa Tembus LazMall

Annisa ayu artanti • 26 Juni 2025 12:38
Jakarta: Pasar skincare anak dan bayi di Indonesia kian menjanjikan. Tahun 2025 saja, pendapatannya tembus USD100,88 miliar (Rp1,6 triliun) dan diprediksi tumbuh 7,14 persen per tahun. Tapi, pilihan produk berkualitas dengan harga terjangkau masih terbatas.
 
Hal ini jadi perhatian pasangan asal Surabaya, Jonathan dan Uung, yang akhirnya melahirkan brand Moell produk perawatan kulit anak berbasis riset, bukan semata-mata produk viral di media sosial.

Produk riset, bukan cuma FYP

Berawal dari keresahan banyak orang tua soal skincare bayi yang “bagus tapi mahal”, Jonathan dan Uung menciptakan Moell lewat riset selama 1,5 tahun bersama dokter anak dan dokter kulit.
 
"Belakangan, produk-produk dengan klaim yang fantastis lebih digemari, bahkan produk-produk yang FYP atau viral dianggap berkualitas. Padahal produk berkualitas itu harus berbasis riset dan nantinya produk akan memasarkan dirinya sendiri melalui mulut konsumen," kata Jonathan dalam keterangan tertulis, Kamis, 26 Juli 2025.

Moell menggunakan bahan lokal berkualitas tinggi untuk memastikan harga tetap ramah di kantong tanpa mengorbankan mutu. 
 
Hasilnya? Menurut riset Compas tahun 2024, Moell meraih market share 17,6 persen, menjadikannya brand perawatan bayi lokal terfavorit di eCommerce Indonesia.
 
Baca juga: 5 Tips Atasi Perut Kembung pada Bayi

Edukasi konsumen, bangun komunitas

Moell bukan bisnis pertama Jonathan dan Uung. Mereka lebih dulu sukses lewat Mom Uung, brand ASI booster yang berbasis komunitas ibu menyusui.
 
Pengalaman ini jadi modal kuat untuk membangun Moell, bukan hanya sebagai produk, tapi juga sebagai sahabat bagi keluarga Indonesia.
 
“Bersama dengan komunitas, Moell berupaya untuk tumbuh sambil terus mengedepankan edukasi konsumen yang tepat,” ucap Jonathan.
 
Mereka aktif mendengarkan keluhan orang tua dan terus menyempurnakan formulasi Moell agar bisa menjawab berbagai masalah kulit anak secara spesifik.

eCommerce jadi jalan utama, LazMall jadi rumah

Sejak awal, Jonathan dan Uung sadar potensi besar eCommerce. Sekitar 60 persen penjualan Moell kini berasal dari platform digital seperti Lazada Indonesia.
 
Pada 2023, Moell resmi bergabung dengan LazMall, segmen premium Lazada yang menjamin keaslian produk dan kenyamanan belanja. Masuknya Moell ke LazMall mengukuhkan reputasinya sebagai brand lokal terpercaya.

Manfaatkan fitur Lazada, Moell tembus pasar nasional

Kesuksesan Moell tak lepas dari strategi digital yang matang. Mereka memaksimalkan fitur Gratis Ongkir, Voucher Toko, hingga LazAffiliate untuk menjangkau konsumen lebih luas lewat kreator konten.
 
Data dari fitur Bisnis Analis di Seller Center juga jadi kunci evaluasi performa dan memahami perilaku konsumen.
 
“Moell merupakan salah satu wujud keberhasilan dari perpaduan kualitas dan strategi pemasaran digital yang tepat sasaran, dan kami bangga menjadi bagian dari perjalanannya,” ujar Chief Business Officer Lazada Indonesia, Stefan Winata.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(ANN)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan