Ilustrasi. Foto: Medcom.id
Ilustrasi. Foto: Medcom.id

Pengawas Ketenagakerjaan Bakal Tindak Lanjut Pengaduan Upah Lembur

Ekonomi Upah Kemenaker Lebaran 2022 Pengusaha
Annisa ayu artanti • 03 Mei 2022 23:14
Jakarta: Pengawas ketenagakerjaan menyatakan siap untuk menindaklanjuti pengaduan terkait dengan uang lembur pekerja. Kementerian Ketenagakerjaan telah mengingatkan soal uang lembur yang harus dibayarkan oleh pengusaha saat mempekerjakan karyawannya di hari libur nasional.
 
"Pengawas ketenagakerjaan dan mediator hubungan industrial, kami siap turun lapangan tindak lanjut komentar rekanaker," tulis unggahan Kementerian Ketenagakerjaan dalam akun Instagram resmi, dikutip Selasa, 3 Mei 2022.
 
Dalam akun tersebut juga dijelaskan estimasi perhitungan uang lembur yang berhak diterima pekerja yang masuk pada saat libur hari raya Idulfitri 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jika seorang pekerja dengan waktu kerja enam hari kerja atau 40 jam dalam seminggu, bekerja lembur selama tujuh jam, dan upah bulanan sebesar Rp4 juta. Maka upah per jam pekerja tersebut adalah Rp23.121,38 per jam.
 
Lalu jika pekerja tersebut melakukan lembur tujuh jam, maka upah yang berhak diterima adalah upah lembur per jam dikalikan lamanya bekerja.
 
Seperti diketahui, pengusaha diminta untuk membayarkan upah lembur ketika mempekerjakan karyawannya di saat hari libur nasional. Termasuk pada libur Lebaran yang jatuh pada 2-3 Mei 2022 serta cuti bersama pada 3-6 Mei 2022.
 
Berdasarkan aturan pemerintah yang dikutip dari laman Instagram @kemnaker, Selasa, 3 Mei 2022 ditetapkan perhitungan upah libur menjadi dua bagian yaitu waktu kerja enam hari dan waktu kerja lima hari.
 
Untuk upah lembur pekerja dengan waktu kerja enam hari dan 40 jam per minggu perhitungan upah adalah jam pertama sampai dengan jam ketujuh dibayar dua kali upah sejam, jam kedelapan dibayar tiga kali upah sejam, dan jam kesembilan, kesepuluh, dan kesebelas dibayar empat kali upah sejam.
 
Lalu, untuk pekerja dengan waktu kerja lima hari kerja dan 40 jam seminggu adalah jam pertama sampai dengan jam kedelapan dibayar dua kali upah sejam, jam kesembilan dibayar tiga kali upah sejam, dan jam kesepuluh, kesebelas, dan kedua belas dibayar empat kali upah sejam.

 
(HUS)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif