Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: dok Kementerian BUMN.
Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: dok Kementerian BUMN.

Curhat Suka Dapat Nyinyiran Main ke Pesantren, Ini Jawaban Erick Thohir

Ekonomi pesantren Wirausaha ekonomi syariah Erick Thohir
Annisa ayu artanti • 05 Mei 2022 19:52
Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mencurahkan alasan dirinya suka bertandang ke pesantren-pesantren Tanah Air, adalah untuk membentuk ekosistem ekonomi umat.
 
Ia mengatakan hal tersebut saat acara Khotmil Qur'an dan Silaturahmi Ulama se-Pasuruan Raya sore ini. Ia mengungkapkan kerap kali mendapat cibiran jika mendatangi pesantren-pesantren.
 
Ia pun menjelaskan, setelah merger Bank Syariah Mandiri, BRI Syariah, dan BNI Syariah selesai dan membentuk PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) tugas Kementerian BUMN selanjutnya adalah membangun ekosistem umat. Salah satunya adalah sinergitas antara pesantren dan BUMN.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kenapa kami di BUMN kadang-kadang suka dilihatin sama orang-orang, kenapa main-main ke pesantren. Padahal, apa yang kita dorong setelah banknya (BSI) jadi, muslimpreunernya kita bangun, pesantren itu mercusuar peradaban yang harus kita bangun ekosistem dari pada ekonomi umat," jelas Erick dikutip melalui siaran langsung Instagram pribadinya, Kamis, 5 Mei 2022.
 
Menurutnya, dengan membangun ekosistem ekonomi umat melalui pesantren akan membuat ekonomi Indonesia lebih kuat. Bahkan bisa menjadi tumpuan ekonomi nasional.
 
"Kita harus menjadi bangsa yang lebih mandiri. Percuma merdeka kalau tidak berdaulat," ucapnya.
 
Ia juga mengungkapkan, selama ini bangsa Indonesia terjebak dalam pembangunan ekonomi bangsa-bangsa lain.
 
Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar ranking pembelian produk halal Indonesia berada di posisi empat dunia. Sementara ranking produksi industri halal Indonesia berada di posisi 13.
 
"Kita harus membangun ekosistem Indonesia. Bukan ekosistem Tiongkok, bukan ekosistem AS. Tapi ekosistem Indonesia di era perubahan yang terjadi saat ini," pungkasnya.
 
(AHL)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif