Ilustrasi. Foto: Medcom.id
Ilustrasi. Foto: Medcom.id

Pandemi Covid-19 Dorong Perubahan Perilaku Konsumen di E-Commerce

Eko Nordiansyah • 09 Desember 2021 23:33
Jakarta: Kondisi pandemi covid-19 yang belum reda membuat masyarakat untuk tetap berada di rumah. Namun dengan pemanfaatan teknologi digital, masyarakat tetap bisa mendapat kemudahan untuk dapat memenuhi gaya hidup, tentunya dengan harga yang menguntungkan sehingga mendorong tren pertumbuhan belanja di platform digital.
 
Dalam riset MarkPlus Insight bertajuk 'Perilaku Konsumen E-Commerce Tahun 2021' bahwa ada lima faktor pendorong tren pertumbuhan e-commerce di Indonesia. Pertama, bergesernya aktivitas belanja konsumen saat pandemi menuju online shopping. Kedua, meningkatnya tech awareness dan penggunaan smartphone pada konsumen.
 
Ketiga, kemajuan infrastruktur jaringan komunikasi di Indonesia. Keempat, lonjakan ketertarikan konsumen terhadap belanja daring dipengaruhi oleh promo dan kampanye dari perusahaan e-commerce. Kelima, penggunaan e-money yang terus meningkat seiring menguatnya kepercayaan konsumen pada alat pembayaran digital.

Riset tersebut juga menampilkan kategori produk yang paling banyak dibeli. Selama 12 bulan terakhir, produk digital menjadi yang paling banyak dibeli dengan 59,8 persen pengguna e-commerce membeli beragam produk digital lintas platform. Diikuti oleh fesyen (48,8 persen), kecantikan (41,2 persen), makanan dan minuman (39 persen), perlengkapan rumah (33,8 persen).
 
"Kami membuktikannya dengan jumlah active user dan juga transaksi tiap bulan di Ultra Voucher yang justru meningkat selama pandemi karena mudahnya memenuhi gaya hidup sehari-hari dengan harga diskon," kata Direktur PT Trimegah Karya Pratama Tbk Riky Boy H Permata dalam keterangan di Jakarta, Kamis, 9 Desember 2021.
 
Ia pun meyakini tren di akhir tahun ini berpeluang mendongkrak penjualan dari Ultra Voucher. Terlebih akhir tahun adalah momen paling tepat dihabiskan dengan orang tersayang. Untuk melengkapi kebahagiaan, biasanya akhir tahun dirayakan dengan meriah dan penuh suka cita salah satunya dengan memberikan hadiah kepada keluarga, kerabat, maupun pasangan.
 
"Ultra Voucher punya satu produk unggulan yaitu UV Gift Card yang dapat ditukarkan ke banyak merchant unggulan. Ini akan sangat membantu mereka yang ingin saling bertukar hadiah dengan nyaman dari rumah karena kondisi pandemi covid-19," ujar dia.
 
Riky mengatakan para pengguna tidak perlu khawatir voucher belanjanya robek atau basah, tertinggal, hilang, lupa digunakan hingga kadaluarsa dan masalah lainnya yang kerap terjadi pada voucher fisik. Semuanya aman tersimpan secara digital di platform Ultra Voucher. Menariknya lagi, Ultra Voucher juga memberikan diskon yang ditawarkan setiap merchant yang bisa dilihat pada aplikasi.
 
Adapun, para pengguna Ultra Voucher dapat berbelanja di lebih dari 400 brand dengan 40 ribu outlet yang telah tersebar di seluruh Indonesia dengan beragam segmen yakni Beauty & Relaxation, Departement Store, E-Commerce, Entertainment, Food & Beverage (F&B), Hotel & Travel, Accessories & Jewelry, Lifestyle, Investment, dan lain-lain.
 
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(DEV)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan