Ilustrasi stok elpiji di tingkat pedagang dan pengecer - - Foto: dok MI
Ilustrasi stok elpiji di tingkat pedagang dan pengecer - - Foto: dok MI

Ini Cara Pemerintah Setop 50% Impor Elpiji

Antara • 31 Januari 2022 20:59
Jakarta: Pemerintah menargetkan 50 persen impor elpiji dihentikan melalui investasi hilirisasi batu bara menjadi produk dimetil eter. Hal ini seiring dengan proyek gasifikasi batu bara di Muara Enim, Sumatra Selatan yang dapat menghasilkan 1,4 juta ton dimetil eter per tahun.
 
"Kami menargetkan dalam satu sampai dua tahun ini minimal 50 persen impor gas elpiji bisa kami jadikan hilirisasi dalam negeri lewat bahan baku batu bara," ujar Menteri Investasi Bahlil Lahadalia dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi VI DPR RI, Senin, 31 Januari 2022.
 
Pemerintah berharap proyek hilirisasi batu bara menjadi dimetil eter tersebut dapat membuka lapangan pekerjaan untuk sekitar 13 ribu orang pada tahap konstruksi yang dilakukan oleh Air Products & Chemicals Inc. Adapun di sektor hilir yang akan dikelola oleh Pertamina diharapkan mampu menciptakan 12 ribu lapangan pekerjaan baru.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Proyek hilirisasi batu bara menjadi dimetil eter merupakan hasil kerja sama antara Amerika Serikat dengan Indonesia melalui perusahaan Air Products & Chemicals Inc, PT Bukit Asam, dan Pertamina.
 
Bahlil menargetkan perusahaan dari negara Paman Sam itu bisa merealisasikan nilai rencana investasi sebesar 15 miliar dolar AS untuk industri gasifikasi batu bara beserta turunannya di Indonesia.

 
"Tahun ini, kami akan masuk ke tahun hilirisasi batu bara. Jadi dimetil eter yang sudah kami groundbreaking investasi Amerika Serikat dari Air Products, tahun ini harus tereksekusi USD15 miliar," pungkas Bahlil.

 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif