Ilustrasi. .Ribuan kendaraan terjebak kemcetan panjang di Tol Merak, Banten. Foto: dok MI/Angga Yuniar.
Ilustrasi. .Ribuan kendaraan terjebak kemcetan panjang di Tol Merak, Banten. Foto: dok MI/Angga Yuniar.

Puncak Mudik Malam ini, Arus Kendaraan dari Bali ke Jawa Meningkat

Ekonomi angkutan laut Pelabuhan ASDP Lebaran 2022 Mudik Lebaran 2022 Info Mudik Mudik 2022
Annisa ayu artanti • 29 April 2022 20:19
Gilimanuk: Memasuki H-3 Lebaran, arus penumpang dan kendaraan di lintasan penyeberangan Ketapang-Gilimanuk terpantau semakin ramai. Kendaraan roda dua dan mobil pribadi mendominasi arus penyeberangan dari Pulau Bali menuju Pulau Jawa tersebut.
 
Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan, sejak pagi hingga siang ini arus kendaraan yang menyeberang dari Gilimanuk menuju Ketapang cukup tinggi. Dilaporkan pada Jumat pagi terjadi antrian menuju pelabuhan Gilimanuk yang didominasi truk sedang, mobil pribadi dan roda dua. Puncak arus mudik dari Bali ke Jawa diprediksi pada H-3 dan H-2 atau pada 29 dan 30 April 2022
 
"Sebelumnya kendaraan roda dua telah diseberangkan. Siang hingga sore sekitar 500 unit kendaraan pribadi yang sebelumnya menunggu di area penampungan (kantong parkir) di terminal kargo, sudah kembali lancar menuju ke pelabuhan," tutur Shelvy, dalam keterangan tertulis, Jumat, 29 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tercatat, sejak H-10 Lebaran hingga hari ini total penumpang yang menyeberang dari Gilimanuk menuju Ketapang sebanyak 174.351 orang dengan jumlah kendaraan roda dua sebanyak 26.724 unit, roda empat pribadi sebanyak 17.414 unit, bus sebanyak 1.618 unit, truk logistik sebanyak 10.838 unit sehingga total kendaraan sebanyak 56.594 unit.
 
"Jika melihat data untuk arus mudik dari Gilimanuk terjadi kenaikan tren sepeda motor mencapai 178 persen bila dibandingkan tahun lalu sebanyak 9.610 unit. Sedangkan untuk mobil pribadi naik 284 persen bila dibandingkan periode sama tahun lalu sebanyak 3.540 unit," ujarnya.
 
Sebaliknya, dari Ketapang menuju Gilimanuk tercatat total penumpang yang menyeberang sebanyak 95.369 orang, dengan jumlah kendaraan roda dua sebanyak 2.573 unit, roda empat pribadi sebanyak 10.574 unit, bus sebanyak 1.697 unit, truk logistik sebanyak 10.559 unit, sehingga total seluruh kendaraan yang telah menyeberang dari Jawa ke Bali pada H-10 hingga H-4 sebanyak 25.400 unit.
 
"Untuk arus mudik penumpang dan kendaraan dari Ketapang masih relatif lancar dan mengalir saja. Tidak terjadi kenaikan signifikan," ujarnya.
 
Adapun jumlah kapal yang standby di Ketapang-Gilimanuk total 46 unit kapal, 28 unit kapal siap beroperasi harian dengan rata-rata 388 trip per hari, sementara lima unit kapal tengah melakukan docking.
 
ASDP tetap mengimbau agar masyarakat yang akan melakukan perjalanan dengan kapal feri saat Angkutan Lebaran 2022 dari empat pelabuhan utama yakni Merak-Bakauheni-Ketapang-Gilimanuk, tetap mengatur perjalanan sedini mungkin dengan melakukan reservasi mandiri melalui aplikasi Ferizy, menjaga stamina kesehatan dan kendaraan tetap prima, menerapkan protokol kesehatan secara ketat, serta tetap mewaspadai potensi cuaca buruk.
 
"Harapan semua pihak perjalanan mudik dengan kapal feri tahun ini dapat berjalan lancar, aman, sehat dan selamat. Dibutuhkan kerjasama seluruh pengguna jasa untuk dapat mengikuti aturan dan prasyarat perjalanan," pungkasnya.

 
(HUS)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif