Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Foto : MI.
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Foto : MI.

Merah Putih Fund Membentuk Ekosistem Baru

Antara • 15 Desember 2021 13:14
Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan Merah Putih Fund membentuk ekosistem baru dengan filosofi yang berbeda.
 
"Ini yang kadang-kadang kita jangan terjebak kita ini seakan-akan membentuk konglomerasi baru, tidak. Kita membentuk ekosistem baru, yang memang ekosistem ini filosofinya juga sudah berbeda," ujar Erick Thohir, dikutip dari Antara, Rabu, 15 Desember 2021.
 
Maka dari itu, lanjut Erick, Merah Putih Fund akan masuk kepada startup-startup level Sonnycorn yang menuju level unicorn.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Seperti yang disampaikan oleh Ibu Najwa Shihab ada 20 startup prototipe, ini biasanya sudah memiliki investornya masing-masing. Namun kesulitannya, ketika startup-startup itu berupaya masuk menjadi startup level menengah atau unicorn biasanya aspek pendanaan atau bantuan dananya diambil investor asing," katanya.
 
Maka dari itu, Menteri BUMN melontarkan pernyataan jangan marah apabila startup-startup besar dan unicorn nasional dikuasai oleh asing, karena bangsa Indonesia sendiri tidak pernah memiliki komitmen kepada generasi mudanya.
 
"Di situlah kenapa kita sekarang menggalang kekuatan, tidak hanya BUMN, bahwa dengan Merah Putih Fund ini kita juga menggalang dan mengajak swasta nasional dan juga pengusaha-pengusaha baru nasional yang memiliki komitmen kepada ekosistem Indonesia. Kita tidak mau lagi pasar Indonesia yang besar dipakai buat pertumbuhan ekonomi bangsa lain. Kita harus menjadikan pasar nasional mayoritas untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia," ujar Erick.
 
Menteri BUMN kembali menegaskan Merah Putih Fund ini merupakan ekosistem, dan Presiden Joko Widodo menyampaikan pernyataan yang sangat tepat dan keras pasar Indonesia sangat besar jadi jangan sampai juga dilepas ke bangsa lain.
 
Sebelumnya Erick Thohir ingin perusahaan pelat merah melakukan intervensi ke sektor digital untuk merangkul startup agar nasionalis. Pernyataan itu disampaikannya menanggapi banyak perusahaan startup Indonesia yang pindah ke Singapura dan meraih pendanaan dari pihak asing.
 
Erick menyampaikan pemerintah akan meluncurkan program Merah Putih Fund yang didukung oleh Telkom dan Telkomsel untuk mendanai perusahaan startup Indonesia.
 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif