Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Foto : Medcom.
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Foto : Medcom.

Potensi Rp180 Triliun per Tahun, Pemerintah Gali Potensi Dana Sosial Wakaf

Annisa ayu artanti • 05 April 2021 12:21
Jakarta: Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan pemerintah akan terus menggali potensi dana sosial syariah di Tanah Air yang potensinya masih sangat besar. Salah satunya dana wakaf.
 
"Potensi dana sosial syariah di tanah air sangat besar, diantaranya wakaf yang mencapai Rp180 triliun per tahun," kata Ma'ruf dalam Potensi Ekonomi dan Keuangan Syariah, Senin, 5 April 2021.
 
Ia menyebutkan pemerintah telah melakukan upaya transformasi pengelolaan wakaf melalui Gerakan Nasional Wakaf Uang (GNWU). Program GNWU berada di bawah koordinasi Badan Wakaf Indonesia (BWI), untuk memfasilitasi agar potensi wakaf uang dapat tergali dengan optimal dan pengelolaannya dilakukan secara lebih profesional dan akuntabel.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dengan begitu, menurutnya wakaf yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia tidak hanya dalam 3M (Masjid, Madrasah dan Makam/Kuburan).
 
"Wakaf uang akan diinvestasikan yang hasilnya dikembalikan untuk kepentingan umat seperti untuk pendidikan, bantuan sosial, dan pengembangan usaha-usaha kecil syariah, dengan tidak mengurangi pokok wakafnya," jelasnya.
 
Sebelumnya dalam audiensi dengan direksi PT Pos Indonesia (Persero), Ma'ruf juga menyampaikan pemerintah akan mempermudah masyarakat yang berniat menyalurkan wakaf. Salah Satunya melalui jaringan yang dimiliki PT Pos Indonesia.
 
"Jadi saya kira ini merupakan kanal yang sangat efektif, sehingga masyarakat di mana-mana bisa berwakaf melalui PT Pos," ucapnya.
 
Perusahaan pelat merah itu pun segera diminta untuk berkoordinasi dengan Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) dan Badan Wakaf Indonesia (BWI) untuk merealisasikan hal tersebut.

 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif