Ilustrasi. Foto: MI
Ilustrasi. Foto: MI

Perppu Cipta Kerja Bisa Jadi Momentum Positif Investasi

Antara • 11 Januari 2023 18:09
Jakarta: Pengamat ekonomi Universitas Indonesia Fithra Faisal menilai Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Cipta Kerja menjadi momentum positif untuk investasi.
 
"Dari perspektif ekonomi, penerbitan Perppu sudah tepat untuk menjaga momentum positif investasi dan mengantisipasi kekosongan hukum," kata Fithra dilansir Antara, Rabu, 11 Januari 2023.
 
Hal itu karena Mahkamah Konstitusi meminta agar pemerintah memperbaiki Undang-Undang Cipta Kerja.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pertimbangannya bagaimana menjamin investasi tetap ada, menjaga minat investor dan juga investasi yang sudah ada supaya tidak keluar. Kemudian agar bagaimana industri kita lebih tahan gejolak," jelasnya.
 
Baca juga: Tak Soalkan Polemik Perppu Cipta Kerja, Bahlil: Ini Demi Ekonomi Indonesia 

Fithra menilai Indonesia saat ini sedang menikmati momentum pemulihan krisis akibat pandemi covid-19 dan tren investasi sedang positif. Agar ada keberlangsungan, pertumbuhan positif di sektor investasi harus dijaga dengan kepastian hukum.
 
Sementara ekonom dari Universitas Airlangga Surabaya Gigih Prihantono menilai penerbitan Perppu Cipta Kerja sebagai keputusan cerdas pemerintah karena Perppu itu berdampak positif terhadap perekonomian nasional dan iklim usaha.
 
"Masyarakat ekonomi butuh kepastian hukum terkait usaha dan ketenagakerjaan, apalagi saat ini membutuhkan kebijakan yang dapat mengantisipasi situasi ekonomi yang tidak pasti," kata Gigih.
 
Gigih mengatakan Perppu Cipta Kerja mengatur kemudahan berusaha dan produktivitas tenaga kerja, serta mempermudah proses birokratisasi dunia usaha. Hal tersebut dapat berdampak baik terhadap perkembangan ekonomi.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id.
 
 
(ANN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif