Ilustrasi. Foto: Medcom.id
Ilustrasi. Foto: Medcom.id

AFPI Ambil Ancang-ancang Antisipasi Tren Kenaikan Suku Bunga

Eko Nordiansyah • 22 Juli 2022 19:34
Jakarta: Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) mengaku siap mengantisipasi tren kenaikan suku bunga acuan yang sudah terjadi di beberapa negara. Meskipun saat ini Bank Indonesia (BI) masih mempertahankan suku bunga acuan sebesar 3,5 persen.
 
Sekretaris Jenderal AFPI Sunu Widyatmoko mengatakan kenaikan suku bunga acuan akan berpengaruh terhadap bunga pinjaman. Apabila suku bunga naik, maka dampaknya akan menurunkan pertumbuhan pinjaman, termasuk di fintech.
 
"Kalau suku bunga acuan naik, maka turunannya juga akan naik. Kalau interest rate naik maka akan menghantam sektor riil dan efeknya pinjaman lajunya tidak akan setinggi sebelumnya," kata dia dalam video conference, Jumat, 22 Juli 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia mengaku tak khawatir kenaikan suku bunga acuan bank sentral akan berpengaruh terhadap pinjaman di fintech peer to peer (P2P) lending. Meski pasti kenaikan tersebut akan berdampak tapi Sunu meyakini pertumbuhan pinjaman akan tetap positif hingga akhir tahun.
 
"Tapi menurut saya kita tidak akan pesimistis karena memang ini sesuatu yang cepat atau lambat kalau kondisi global akan terus seperti ini, baik itu efek dari perang dan sebagainya," ungkap dia.
 
Baca juga: AFPI: Aturan Baru OJK Perkuat Legitimasi Fintech Lending

 
AFPI sebelumnya mencatat agregat nilai pinjaman yang disalurkan oleh fintech P2P lending mencapai Rp380,18 triliun sejak 2016 sampai dengan Mei 2022. Bahkan secara year to date, penyaluran pinjaman mencapai Rp125 triliun atau tumbuh lebih dari 50 persen (yoy).
 
Adapun outstanding penyaluran pinjaman dari industri fintech pendanaan per Mei 2022 sebesar Rp40,17 triliun, atau meningkat 54,14 persen (yoy). Penyaluran pendanaan ke sektor produktif, tercatat sebesar Rp44 triliun atau rata-rata 50,60 persen dari total penyaluran.
 
(HUS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif