Sebelum memilih asuransi, pastikan perusahaan asuransi telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan terpercaya (Foto:Freepik)
Sebelum memilih asuransi, pastikan perusahaan asuransi telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan terpercaya (Foto:Freepik)

Serba Serbi Asuransi, Mulai dari Manfaat, Jenis, dan Tips Memilihnya

Rosa Anggreati • 14 Juli 2022 15:29
Jakarta: Aset investasi untuk masa depan tidak hanya berupa emas, saham, atau mata uang kripto saja, namun termasuk asuransi. Dengan mendaftarkan diri ke polis asuransi tertentu, akan ada jaminan masa depan yang lebih pasti. Pilihan asuransi sangat beragam, bisa dipilih sesuai kebutuhan masing-masing.
 
Mungkin sampai saat ini masih banyak masyarakat awam yang belum terlalu mengenal asuransi, hal tersebut wajar karena tidak semua orang memiliki akses informasi yang baik. Tenang saja akan dibahas lebih lanjut tentang apa itu asuransi, manfaatnya, lengkap dengan berbagai tips untuk memilih yang terbaik.
 

1. Pengertian Asuransi


Secara mudahnya, asuransi merupakan perjanjian yang dilakukan oleh dua belah pihak, pemegang polis dan perusahaan asuransi yang nantinya akan menjadi dasar penerimaan uang oleh perusahaan sebagai timbal balik dari mengurangi atau mengganti kerugian yang terjadi.
 
Di dalam peraturan pemerintah, asuransi sendiri telah diatur dalam Undang-undang atau UU No. 40 Tahun 2014 yang berkaitan tentang Perasuransian. Aturan tersebut menggantikan peraturan lama, yaitu UU No. 2 Tahun 1992 juga terkait Usaha Perasuransian. Jadi karena hukumnya sudah jelas, Anda tidak perlu was-was.
 

2. Berbagai Jenis Asuransi


Jenis asuransi yang bisa dipilih juga banyak, dibagi menjadi beberapa kategori. Mulai dari asuransi kerugian, pendidikan, jiwa, kesehatan, kendaraan, bisnis, properti, dan lainnya. Beberapa kategori, masih dibagi lagi menjadi sub-kategori. Misalnya untuk asuransi kerugian, dipecah lagi menjadi asuransi kebakaran, asuransi pengangkutan, dan asuransi aneka.
 
Setiap jenis asuransi yang dipilih, memiliki keunggulan masing-masing. Misal, jika memilih asuransi kesehatan, bisa membantu cover berbagai biaya rumah sakit. Mulai dari biaya dokter, rawat inap, obat-obatan, dan juga beberapa tindakan operasi. Asuransi kesehatan ini pun juga masih dibagi lagi nantinya, asuransi penuh atau bisa juga sebagian.
 

3. Manfaat Umum Asuransi


Sebenarnya, manfaat asuransi ini bisa didapatkan sesuai dengan jenis yang dipilih. Namun secara garis besarnya, asuransi bermanfaat untuk memberikan rasa aman kepada para pendaftaranya. Karena nantinya biaya akan di-cover oleh perusahaan asuransi. Itu berlaku untuk asuransi seperti halnya kesehatan, kematian, atau kerugian lainnya.
 
Tidak hanya memberikan rasa aman, asuransi juga bisa menjadi tabungan di masa tua. Jadi saat Anda sudah tidak bisa bekerja lagi, bisa menarik asuransi untuk berbagai kebutuhan sehari-hari. Apalagi jika telah mendaftarkan asuransi sejak dini, jumlah uang yang didapatkan bisa semakin banyak.
 

4. Tips Memilih Asuransi


Ada banyak sekali platform atau perusahaan asuransi yang bisa dipilih, baik yang berbasis di dalam atau luar negeri. Namun tentunya, tidak boleh langsung membeli begitu saja tanpa pertimbangan yang matang.
 
Berikut ini beberapa tips memilih asuransi yang tepat:
 
·   Pilihlah perusahaan atau platform yang sudah memiliki rekam jejak bagus
·   Hanya pilih perusahaan yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK)
·   Belilah jenis polis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan
·   Sesuaikan polis asuransi yang dipilih dengan kemampuan finansial
·   Dengarkan dengan hati-hati saat agen menjelaskan manfaat produk
·   Selalu cari informasi apakah perusahaan yang dipilih benar-benar kredibel dan terpercaya
 

Daftarkan Diri di Asuransi Shopee


 
Ada banyak sekali platform dan perusahaan asuransi di luaran sana, namun salah satu yang jadi rekomendasi adalah Shopee. Tidak hanya jadi tempat memenuhi berbagai kebutuhan sehari-hari saja, Shopee bisa dijadikan platform untuk mendaftarkan asuransi diri.
 
Ketika Anda membeli asuransi melalui Shopee, ada banyak kelebihan yang dapat Anda rasakan. Salah satunya adalah Anda bisa mendaftar asuransi dengan biaya yang murah meriah, mulai dari Rp5 ribu saja.
 
Kelebihan lainnya, mendaftar asuransi di Shopee sangat mudah, hanya menggunakan KTP. Selain itu, semua proses bisa dilakukan secara online dan terdaftar resmi di OJK. Ada banyak jenis asuransi yang bisa didaftarkan di Shopee, mulai dari asuransi rawat inap, asuransi kecelakaan diri, hingga asuransi covid-19.
 
Selain berbagai kelebihan yang ditawarkan, Shopee juga menawarkan berbagai promo menggoda saat Anda daftar asuransi. Misalnya, promo bulan Juli 2022, Anda akan mendapatkan cashback 100 persen bagi 100 orang yang mendaftar setiap hari, setiap jam 12 siang. Yuk, daftar supaya bisa dapatkan manfaatnya!
 
Itulah serba serbi tentang asuransi, mulai dari pengertian, jenis, manfaat, dan tips memilihnya. Siapa bilang daftar asuransi susah? Dengan Shopee semuanya jadi gampang. Klaim asuransi pun tanpa ribet dan tanpa menunggu waktu yang lama. Bisa lewat aplikasi atau website, sama-sama untungnya. Jangan lupa beli asuransi di Shopee, sekarang!

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(ROS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif