Menparekraf Sandiaga Uno/Istimewa.
Menparekraf Sandiaga Uno/Istimewa.

Bangkitkan Perekonomian, Sandiaga Fokus Kembangkan Desa Wisata

M Sholahadhin Azhar • 14 Juli 2022 18:19
Jakarta: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno fokus mengembangkan desa wisata. Pengembangan untuk membangkitkan perekonomian pascapandemi covid-19.
 
"Untuk membangkitkan ekonomi, menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya,” kata Sandiaga melalui keterangan tertulis, Kamis, 14 Juli 2022.
 
Hal tersebut diungkap Sandiaga saat mengunjungi Desa Sembungan, Wonosobo. Desa di Jawa Tengah itu termasuk dalam 50 desa terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. 
 

Baca: Menparekraf Latih UMKM Berinovasi Olahan Jagung


Sandiaga mengatakan banyak hal dapat dioptimalkan di desa tersebut. Dia memerinci wisata alam Telaga Cebong dan wisata budaya pemotongan rambut gimbal memiliki daya tarik wisatawan yang tinggi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di sisi lain, dia berterima kasih kepada mitra Kemenparekraf yang berkolaborasi dengan desa wiata. Salah satunya, Astra Indonesia.
 
"Saya ingin berikan tepuk tangan kepada Astra yang telah menjadikan ini Tunas Kampung Berseri Astra. Sebagai mitra kita," ujar Sandiaga.
 
Menurut dia, banyak potensi seni dan budaya di desa tersebut yang dapat dikembangkan. Salah satunya, Tari Angguk yang menjadi hiburan atau pendukung untuk menyemarakkan perhelatan, pernikahan atau nadir (membayar janji).
 
Sandiaga mengungkapkan Kemenparekraf berkomitmen untuk memasukan desa wisata sebagai program unggulan. Demokratisasi pariwisata dapat memberikan dampak pariwisata berkeadilan.
 
(ADN)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif