Ilustrasi sensus penduduk secara daring - - Foto: MI/ Adam Dwi
Ilustrasi sensus penduduk secara daring - - Foto: MI/ Adam Dwi

Tahun Depan, BPS Bakal Gelar Sensus Penduduk Lanjutan ke 4,3 Juta Rumah Tangga

Eko Nordiansyah • 25 November 2021 18:03
Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS) berencana untuk menggelar sensus penduduk lanjutan dengan long form pada tahun depan. Targetnya sebanyak 4,3 juta rumah tangga (RT) akan disurvei kembali oleh BPS untuk mengetahui data yang lebih spesifik seperti karakteristik penduduk.
 
Kepala BPS Margo Yuwono mengatakan informasi yang dikumpulkan pada sensus penduduk lanjutan pada 2022 akan lebih besar. Demografi tersebut bisa digunakan untuk memproyeksikan komposisi penduduk dalam beberapa tahun ke depan.
 
"Parameter demografi ini bisa kita manfaatkan untuk melakukan proyeksi penduduk secara valid sehingga kita bisa membayangkan komposisi penduduk dalam 20 tahun ke depan seperti apa," katanya, Kamis, 25 November 2021.
 
Adapun data yang dihasilkan antara lain karakteristik penduduk, migrasi, pendidikan dan komunikasi, disabilitas, ketenagakerjaan, fertilitas, mortalitas, dan perumahan. Margo menambahkan, berbagai parameter ini juga bisa digunakan untuk melihat seberapa besar bonus demografi di Indonesia.
 
"Kalau kita bicara bonus demografi, itu berangkat dari penggunaan parameter demografi. Angka ini akan digunakan datanya untuk update proyeksi penduduk yang sudah ada. Jadi nanti angkanya akan bergerak," ungkapnya.
 
Deputi Bidang Statistik Sosial BPS Ateng Hartono mengungkapkan, sensus penduduk lanjutan akan diselenggarakan pada Mei-Juni 2022 dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui online, telpon, ataupun kuisioner dengan 83 pertanyaan individu yang harus dijawab oleh responden.
 
"Pentingnya sensus penduduk 2020 long form ini agar bisa menyediakan parameter demografi serta karakteristik penduduk lainnya untuk menghasilkan indikator SDGs dan RPJMN di bidang kependudukan," pungkas dia.
 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif