"Produk kami 100 persen untuk pasar ekspor. Mayoritas ekspor kami ditujukan untuk pasar Amerika Serikat," kata Managing Director PT Cermai Makmur Abadi Internasional (Cermai Makmur), Theresia O Sutaman, dalam keterangan persnya, Rabu, 1 Desember 2021.
Negara tujuan ekspor Cermai Makmur, jelas Theresia, sebanyak 60 persen ke Amerika Serikat. Lalu, sebesar 20 persen ke Inggris, dan sisanya negara-negara lain. "Saat ini, total tujuan ekspor kami ada 27 negara. Rata-rata ekspor kami sebanyak 2.500 kontainer per tahun," paparnya.
Dia menambahkan, salah satu pembeli (buyer) Cermai Makmur di Amerika Serikat adalah jaringan ritel Walmart. Peritel modern itu sudah sekitar tujuh tahun menjadi pembeli produk Cermai Makmur.
"Mereka menilai produk kami berkualitas baik dan sesuai dengan kebutuhan pasar Amerika. Walmart merupakan pembeli produk kami yang cukup loyal," papar Theresia.
Dia mengatakan, pihaknya optimistis mampu meningkatkan pendapatan di tengah pandemi covid-19 saat ini. "Hal itu karena pasar kami adalah ekspor. 2021, kami menargetkan pertumbuhan revenue sebesar 20 persen. Sebelum pandemi, pendapatan kami sebesar USD50 juta per tahun," tutur dia.
Menurut Theresia, pihaknya sudah menggeluti bisnis industri kreatif sudah lebih dari 28 tahun. Kata kunci memenangi hati konsumen adalah dengan membangun kepercayaan mereka terhadap kualitas dan kesinambungan pasokan. Kepercayaan para buyer membuat daya saing Cermai Makmur masih solid hingga kini.
"Pemain besar bisnis gift wrapping paper adalah perusahaan-perusahaan global, sekalipun demikian kita mampu bersaing. Perusahaan Indonesia dapat berkecimpung asal kompetitif dan mampu menciptakan buyer di pasar besar dunia," papar Theresia.
Mengutip data Grand View Research, nilai produk pembungkus kado global mencapai USD15,1 miliar pada 2018. Inovasi produk dalam pembungkus kado merupakan faktor utama yang berkontribusi terhadap pertumbuhan industri ini. Selain itu, peningkatan daya beli telah mendongrak permintaan untuk pilihan hadiah yang elegan dan disesuaikan. Hal ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan industri produk hadiah secara keseluruhan, yang secara positif akan memengaruhi pasar global.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News