Ilustrasi kapal tol laut - - Foto: Medcom/ Annisa Ayu
Ilustrasi kapal tol laut - - Foto: Medcom/ Annisa Ayu

Tol Laut Sentuh Suku Terisolir di Pelosok Papua

Ekonomi logistik Papua Tol Laut Kementerian Perhubungan
Antara • 20 September 2021 14:15
Jakarta: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berhasil mendistribusikan logistik berupa bahan makanan serta kegiatan pelayanan pengobatan untuk Suku Elseng dan masyarakat Kampung Banga. Suku yang terisolir di Distrik Gresi Selatan, Genyem, Kabupaten Jayapura, Papua, ini berhasil dijangkau melalui tol laut.
 
Kepala KSOP Kelas II Jayapura Taher Laitupa mengatakan Program Strategis Nasional Tol Laut yang diususng pemerintah mampu menyentuh setiap wilayah Papua.

 
“Hal ini diharapkan menjadi momentum bagi seluruh komponen bangsa khususnya stakeholders maritim di Provinsi Papua untuk terus bersinergi dan meningkatkan penggunaan tol laut yang semakin hari semakin meningkat dengan berlanjut pada multimoda transportasi,” kata Taher Laitupa dalam keterangan resminya, Senin, 20 September 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Taher menjelaskan tol laut menjadi bukti bahwa program pemerintah hadir bagi masyarakat di pedalaman. Tidak hanya layanan kesehatan dan distribusi logistik, pelayanan kesehatan untuk hewan ternak, bantuan penjajakan, tapi juga bantuan pembangunan sekolah untuk Suku Elseng.
 
Sementara itu, Kasie Lalu Lintas Angkutan Laut dan Usaha Kepelabuhanan KSOP Kelas II Jayapura, Willem Thobias Fofid menyampaikan pada 2021 penggunaan tol laut dengan konektivitas logistik terus meningkat.
 
Willem menyebut, jumlah muatan pada Voyage 8 dan 9 pada Trayek T-19 lintas Papua yang mencapai 61 kontainer, demikian juga pada lintasan trayek lainnya di Papua dan Papua Barat pada Trayek T-9 dan Trayek T-11 yang semakin meningkat. Diikuti juga peningkatan muatan berangkat pada Trayek T-22, Trayek T-23, Trayek T-24, Trayek T-25 dan bahkan penambahan lintasan layanan Kapal pada Trayek T-26 dapat melayani sampai ke Mumugu di Kabupaten Nduga.
 
Saat ini terobosan inovasi terbaru Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Ditjen Perhubungan Laut telah menambahkan lagi 2 trayek untuk distribusi logistik di wilayah selatan Papua yaitu Trayek T-27 Merauke - Pomako dan Trayek T-28 untuk menjangkau wilayah selatan Papua, NTT dan Maluku, jelas Kasie Lalu Lintas Angkutan Laut dan Usaha Kepelabuhan KSOP Kelas Jayapura ini.
 
“Dengan demikian tentu dengan semangat Hari Perhubungan Nasional 2021 hal diharapkan dapat dijadikan momentum untuk pasokan distribusi logistik terus dapat menjangkau saudara-saudara kita yang berada di daerah pegunungan dan terisolir, sesuai dengan Tema Harhubnas 2021 Bergerak Harmonikan Indonesia,” terang Willem.
 
Ketua Komunitas Medis Papua Tanpa Batas Ruth Yoteni mengatakan bahwa kegiatan pelayanan kesehatan tersebut dilakukan selama dua hari di Kampung Bangai, Gresi Selatan.
 
“Kegiatan ini merupakan program pelayanan kesehatan Komunitas Medis Papua Tanpa Batas. Sasaran pelayanan kesehatan tidak hanya untuk masyarakat dari Suku Elseng dan masyarakat Kampung Bangai saja, tetapi juga pelayanan kesehatan untuk hewan ternak,” kata Ruth Yoteni.

 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif