Ilustrasi. FOTO: Medcom.id
Ilustrasi. FOTO: Medcom.id

Hipmi dan GP Ansor Siap Kawal Sidang Mardani Maming

Ekonomi Kasus Suap hipmi Pengadilan gp ansor
Angga Bratadharma • 24 April 2022 14:45
Jakarta: Lembaga Bantuan Hukum (LBH) GP Ansor Kalimantan Selatan serta Banser se-Kalimantan Selatan menyatakan akan mengawal proses persidangan Mantan Bupati Tanah Bumbu yang juga Bendahara Umum PBNU, Mardani H. Maming. Selain itu, Hipmi juga siap mengawal persidangan tersebut.
 
Adapun Mardani H Maming akan menjadi saksi fakta dalam kasus gratifikasi Izin Usaha Pertambangan (IUP) batu bara yang menjerat eks Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Tanah Bumbu Raden Dwidjono Putrohadi Sutopo pada Senin, 25 April 2022.
 
Mardani dipanggil hadir secara langsung dan sebagai saksi kasus yang berlangsung di Pengadilan Banjarmasin tersebut. "Kami meminta para penegak hukum bersifat profesional dalam pemeriksaan tersebut. Kami akan ikut mengawal jalannya persidangan," kata Ketua LBH GP Ansor Kalsel Syaban Husin Mubarak, dalam keterangan tertulisnya, Minggu, 24 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tidak hanya itu, perwakilan LPBH NU, LBH Ansor, dan Hipmi di Jakarta turut mengawal persidangan ini. Mereka mendatangi Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) dan Komisi Yudisial (KY). Ketua Bidang Hukum Hipmi Irfan Idham menyampaikan harapannya agar LPSK dan KY dapat melakukan pemantauan persidangan dan mencegah kriminalisasi.
 
"Alhamdulillah kami diterima Komisioner LPSK Susolaningtyas yang akan memplenokan laporan kami dengan komisioner lainnya. Juru Bicara KY Miko Ginting juga menerima kami dengan baik dan Kepala Biro Pengawasan Hakim Pak Mulyadi tadi menyampaikan KY atas seizin komisioner akan menurunkan tim untuk melakukan pengawasan jalannya persidangan," ujar Irfan.
 
Ketiga perwakilan lembaga ini menyampaikan permohonan agar LPSK melindungi saksi, Mardani H Maming dari kriminalisasi. Sedangkan ke KY mereka meminta KY mengirimkan tim untuk melakukan pemantauan persidangan di Pengadilan Tipikor Banjarmasin.
 
"Kami tentu berharap Majelis Hakim tidak dapat diintervensi oleh pihak-pihak yang beritikad jahat," tegas Koordinator Divisi Litigasi LBH Ansor. Dendy Z. Finsa
 
Sebelumnya, eks Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming memenuhi panggilan Pengadilan Tipikor Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), usai tiga kali mangkir. Mardani hadir dalam sidang suap Izin Usaha Pertambangan (IUP) dengan terdakwa mantan Kepala Dinas ESDM Kabupaten Tanah Bumbu Raden Dwidjono secara daring.
 
Namun dalam sidang itu, Majelis Hakim merasa kurang puas dan memutuskan memanggil ulang Mardani dalam kapasitasnya sebagai saksi. Apalagi, Mardani memberikan kesaksian pada sidang itu secara daring dari Singapura.
 
"Majelis menginginkan (saksi Mardani H Maming) hadir (langsung) di dalam persidangan ini,” kata Ketua Majelis Hakim Yusriansyah.
 
Majelis Hakim menilai kehadiran langsung Ketua Umum Hipmi ini diperlukan guna mengetahui alasan menerbitkan Surat Keputusan Bupati Tanah Bumbu Nomor 296 Tahun 2011 tentang Persetujuan Pelimpahan Izin Usaha Pertambangan Operasi Produksi PT Bangun Karya Pratama Lestari Nomor 545/103/IUP-OP/D.PE/2010 kepada PT Prolindo Cipta Nusantara.
 
"Kami tetapkan pemanggilan paksa khusus untuk Mardani H Maming. Harus hadir pada sidang lanjutan minggu depan,” tegas Majelis Hakim.
 
Ini merupakan pemanggilan keempat usai Mardani tiga kali tak menghadiri sidang. Mardani mangkir pada panggilan pertama yang dilayangkan pengadilan pada 28 Maret 2022. Kedua, pada sidang 4 April 2022 dengan menyertakan surat dokter. Ketiga, pada sidang 11 April 2022 dengan alasan menghadiri undangan Sekretariat Negara dalam kapasitas Ketua Umum Hipmi.
 
Dipanggilnya Mardani sebagai saksi lantaran dirinya merupakan pihak yang menandatangani Surat Keputusan Bupati Tanah Bumbu Nomor 296 Tahun 2011 tentang Persetujuan Pelimpahan Izin Usaha Pertambangan Operasi Produksi PT Bangun Karya Pratama Lestari Nomor 545/103/IUP-OP/D.PE/2010 kepada PT Prolindo Cipta Nusantara.
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif