Ilustrasi bazar pasar tani - - Foto: MI/ Atet Dwi Pramadia
Ilustrasi bazar pasar tani - - Foto: MI/ Atet Dwi Pramadia

Amankan Pasokan, Kementan Gelar Pasar Tani Ramadan di 34 Provinsi

Ekonomi pangan Bahan Pokok Kementerian Pertanian komoditas UMKM UMKM Indonesia
Despian Nurhidayat • 26 April 2022 15:17
Jakarta: Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar Pasar Tani Bazar Ramadan di 34 provinsi di Indonesia. Terdapat 17 perusahaan dan UMKM yang menyediakan beragam bahan pangan sebagai bentuk intervensi harga dan mengamankan pasokan.
 
"Saya berterima kasih kepada jajaran Kementan yang tidak pernah libur selama pandemi ini. Saat kontraksi 12 bahan pangan pokok, seluruh jajaran Kementan ada di seluruh daerah. Kita pastikan ketersediaan. Acara ini menggambarkan stok kita siap, supaya enggak ada lagi yang bilang kelangkaan dan lainnya," ungkap Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam acara pembukaan Pasar Tani Bazar Ramadan di Kantor Pusat Kementerian Pertanian, Jakarta, Selasa, 26 April 2022.
 
Syahrul memastikan pihaknya menjadi ketersediaan 12 bahan pangan pokok sampai dengan Idulfitri yang tinggal sepekan lagi. Terdapat enam provinsi yang juga menjalankan Pasar Tani Bazar Ramadan, di antaranya NTT dan NTB.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita mau yakinkan Kementan berusaha dengan kemampuan untuk sesuaikan data yang kami miliki, validasi data, dan faktualisasi data di semua provinsi dan kabupaten. Secara umum dapat dikatakan ketersediaan cukup untuk Ramadan dan Idulfitri. Kita semua berada dalam posisi untuk dampingi negara dan rakyat dalam semua kondisi yang ada," tegas Syahrul.
 
Menurutnya, Pasar Tani Bazar Ramadan merupakan acara rutin yang dilakukan oleh Kementan pada minggu terakhir Ramadan. Dalam acara ini, terdapat dua tujuan yang ingin dicapai yakni validasi dan faktualisasi data kebutuhan pangan pokok.
 
Syahrul sekali lagi menekankan ketersediaan bahan pangan sampai saat ini masih cukup. Bahkan stok minyak goreng dikatakan mulai meningkat saat ini.
 
"InsyaAllah ketersediaan cukup. Kita berharap sesuai data dan fakta yang ada. Kita juga harap semua industri mau ikut berkontribusi di bazar ini," pungkasnya.
 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif