Ilustrasi. FOTO: Medcom.id
Ilustrasi. FOTO: Medcom.id

Jelang Mudik Lebaran, Kementerian PUPR Pantau Kesiapan dan Kondisi Jalan Tol Jawa-Lampung

Ekonomi Jalan Tol kementerian pekerjaan umum Kementerian PUPR Mudik Lebaran 2022 Info Mudik Mudik 2022
Angga Bratadharma • 25 April 2022 14:05
Karawang: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan pemantauan kesiapan dan kondisi jalan di sejumlah ruas tol di Jawa dan Lampung. Upaya itu dilakukan guna memastikan kondisi jalan aman dilalui untuk menghadapi mudik Lebaran yang tahun ini diperbolehkan oleh pemerintah.
 
Mengutip keterangan tertulis Kementerian PUPR, Senin, 25 April 2022, Tim Kementerian PUPR melakukan pemantauan langsung situasi dan kondisi di tiga lokasi melalui Instagram live termasuk mewawancarai praktisi media dan selebgram terkait mudik tahun ini.
 
Dalam pemantauan mudik H-9 menjelang Hari Raya Idulfitri di tiga lokasi yaitu di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Lampung, secara umum aktivitas mudik masih normal. Sejauh ini belum terjadi kepadatan signifikan sehingga terpantau lancar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Seperti di KM 519, Solo-Ngawi, Jawa Tengah, arus lalu lintas terpantau lancar. Sementara kondisi fasilitas pendukung jalan dalam kondisi baik. Sedangkan di Jawa Timur di KM 753 Surabaya-Gempol kondisi infrastruktur jalan dilaporkan dalam kondisi prima dengan arus lalu lintas normal.
 
Kondisi lalu lintas di Gerbang Tol Kota Baru, Lampung, melalui Instagram live Kementerian PUPR, juga terpantau lancar, belum terjadi kepadatan arus mudik. Adapun Lampung siap menyambut kedatangan pemudik dari sejumlah wilayah di Tanah Air.
 
Kesiapan yang sama juga disampaikan Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono kepada Tim Kementerian PUPR. Aldi Subartono mengatakan, seluruh jajaran Polres Karawang khususnya dan kepolisian pada umumnya siap siaga menyambut arus mudik tahun ini dan bekerja sama dengan berbagai pihak termasuk Kementerian PUPR.
 
"Sudah menjadi tugas dan tanggung jawab Kepolisian menjaga keamanan dan ketertiban demi kelancaran kegiatan mudik. Kami ingin masyarakat merayakan Lebaran di kampung halaman dengan bahagia, salah satunya kelancaran di perjalanan," imbuhnya.

Kesiapan dan kebijakan mudik 2022

Tim Kementerian PUPR juga meminta pendapat praktisi media Gaib Maruto Sigit dan selebgram Dazen Vrilla tentang kesiapan dan kebijakan mudik 2022 yang dilakukan pemerintah. Melalui Instagram live, Gaib dan Dazen sepakat bahwa mudik tahun ini menjadi istimewa setelah dua tahun tanpa mudik.
 
Untuk itu diperlukan kesiapan semua pihak termasuk para pemudik agar lebih bijak di perjalanan, seperti mempercepat waktu mudik, tidak membawa barang berlebihan, dan mencari tahu jalur-jalur alternatif.

 
"Menurut saya, pemerintah sangat serius menyiapkan infrastruktur dan pengaturan mudik tahun ini. Seperti penerapan ganjil genap, one way, dan menyiapkan jalur alternatif, seperti Pansela. Tinggal perilaku kita para pemudik di jalan, seperti paham jalur alternatif, mengetahui jadwal gage, dan tidak memaksakan diri untuk mengebut," pungkasnya.
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif