Ilustrasi. FOTO: Medcom.id
Ilustrasi. FOTO: Medcom.id

Survei: Layanan Pengiriman Jadi Alasan Konsumen Pilih E-Commerce

Ekonomi Tokopedia lazada bukalapak e-commerce olx Ecommerce
Eko Nordiansyah • 19 April 2022 07:45
Jakarta: Layanan pengiriman dinilai merupakan hal yang krusial karena berpengaruh terhadap pengalaman belanja dan tingkat kepuasan konsumen. Banyaknya pilihan jasa pengiriman yang disediakan akan memberikan kepuasan tertentu bagi konsumen.
 
Perusahaan riset pasar Ipsos melakukan survei persepsi konsumen terhadap layanan pengiriman pada platform e-commerce di Indonesia kepada 1.051 responden. Hasilnya Tokopedia dinilai lebih unggul dari beberapa poin di antara e-commerce lainnya.

 
"Dari hasil survei ini, dapat disimpulkan layanan pengiriman Tokopedia unggul dibandingkan dengan merek e-commerce lainnya," kata Research Director Brand Health Tracking Ipsos in Indonesia Lioni Halim, dikutip dari keterangan tertulisnya, Selasa, 19 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menambahkan, layanan pengiriman yang baik, cepat, dan mudah dilacak menjadi salah satu alasan konsumen memilih platform e-commerce. Di sisi lain, mayoritas konsumen juga menilai produk yang ditawarkan atau dijual di e-commerce dengan kualitas yang lebih baik.

Untuk durasi pengiriman, mayoritas responden atau 52 persen mengakui Tokopedia sebagai e-commerce dengan layanan pengiriman tercepat. Shopee berada di urutan kedua dengan 45 persen, Lazada 43 persen, OLX 40 persen, dan Bukalapak 30 persen.
 
Terkait variasi layanan pengiriman, Tokopedia juga unggul ketimbang e-commerce lainnya dengan 33 persen, diikuti Shopee dengan persentase 28 persen, kemudian Lazada 26 persen, Blibli 25 persen, dan OLX 20 persen.
 
Selain itu, kualitas produk tetap menjadi faktor penting dalam kepuasan konsumen. Oleh karena itu, Lioni mengungkapkan, penting bagi platform e-commerce untuk memperhatikan kualitas produk yang tersedia sehingga menjamin kepuasan konsumen.
 
"Mayoritas konsumen atau 74 persen menilai produk-produk yang tersedia atau dijual di Tokopedia memiliki kualitas yang paling baik. Diikuti oleh Shopee dan Lazada yang memiliki persentase yang sama, yaitu 63 persen, lalu Bukalapak 50 persen, dan OLX 40 persen," pungkas dia.

 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif