Ilustrasi. Foto: Medcom.id
Ilustrasi. Foto: Medcom.id

Daging Sapi, Jadi Komoditas Pangan yang Kenaikan Harganya Paling Tinggi

Ekonomi pangan Bahan Pokok Daging Sapi sembako komoditas
Fetry Wuryasti • 02 Mei 2022 13:36
Jakarta: Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) mengingatkan kepada pemerintah, masuk pada fase ketiga pasca Idulfitri, beberapa harga komoditas akan mengalami kenaikan.
 
"Ini adalah momentum pemerintah harus mempersiapkan diri. Untuk mempersiapkan komoditas-komoditas yang akan diserbu masyarakat pasca Idulfitri," kata Kabid Informasi DPP IKAPPI Muhammad Ainun Najib, dilansir Mediaindonesia.com, Senin, 2 Mei 2022.
 
Walaupun begitu, Ikappi juga melihat ada beberapa komoditas pangan yang kenaikan harganya sangat tinggi, salah satunya adalah sapi. Harga daging sapi ini selama lima tahun berturut-turut setelah Idulfitri selalu naik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Per Minggu, 1 Mei 2022 harganya sekitar Rp164 ribu-Rp165 ribu, minggu lalu di Rp155 ribu per kilogram (kg). Beberapa harga yang harus diwaspadai adalah beras, bawang putih telur, serta beberapa komoditas merah lainnya.
 
Ikappi meminta kepada pemerintah untuk mempublikasikan walaupun Ramadan berakhir. Pasca Idulfitri biasanya terjadi pada rantai distribusi, sebagai akibat dari banyak pedagang yang libur. Sehingga distribusi pasokan terhambat.
 
"Kami berharap ini menjadi catatan pemerintah karena biasanya setiap tahun terjadi kelalaian pada distribusi pasokan terhambat. Kita berharap setelah fase ke tiga pasca Idulfitri nanti dapat mendukung agar pemulihan seperti semula," kata Ainun.
 
(AHL)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif