Ilustrasi maskapai Citilink Indonesia - - Foto: dok AFP
Ilustrasi maskapai Citilink Indonesia - - Foto: dok AFP

Naik Citilink Cukup Bawa Bukti Vaksin Kedua atau Booster

Husen Miftahudin • 09 Maret 2022 13:34
Tangerang: Maskapai penerbangan Citilink per hari ini menerapkan kebijakan terbaru mengenai persyaratan bagi pelaku perjalanan domestik. Para penumpang tidak perlu lagi menunjukkan hasil negatif antigen/PCR alias cukup melampirkan bukti vaksinasi dosis lengkap.
 
"Dengan adanya kebijakan baru ini, diharapkan dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi mobilitas masyarakat, khususnya bagi masyarakat yang hendak melakukan perjalanan menggunakan transportasi udara," ucap Direktur Utama Citilink Dewa Kadek Rai dikutip dari keterangan resminya, Rabu, 9 Maret 2022.

Ini syarat penerbangan domestik terbaru:

  1. Penumpang yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua atau ketiga (booster), tidak diwajibkan untuk menunjukkan hasil tes RT-PCR atau rapid test antigen.
  2. Penumpang yang telah mendapatkan vaksinasi dosis pertama, wajib menunjukkan hasil tes RT-PCR negatif yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3 x 24 jam atau rapid test antigen negatif yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 1 x 24 jam sebelum keberangkatan.
  3. Penumpang dengan kondisi khusus atau penyakit komorbid, yang menyebabkan tidak dapat menerima vaksin, wajib menunjukkan hasil tes RT-PCR negatif yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3 x 24 jam atau rapid test antigen negatif yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 1 x 24 jam sebelum keberangkatan dan wajib melampirkan surat keterangan dokter dari Rumah Sakit Pemerintah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan belum dan/atau tidak dapat mengikuti vaksinasi covid-19.
  4. Penumpang dengan usia di bawah enam tahun dapat melakukan perjalanan dengan pendamping perjalanan, dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.
Citilink juga mengimbau penumpang untuk mematuhi aturan terbaru terkait pengisian e-HAC domestik. Penumpang harus mengisi e-HAC diaplikasi PeduliLindungi sebelum melakukan check-in di bandara keberangkatan, atau paling cepat sehari sebelum jadwal penerbangan.
 
"Tentunya dengan kebijakan ini, diharapkan dapat meningkatkan kembali minat masyarakat untuk bepergian serta menggairahkan kembali industri penerbangan yang terdampak cukup besar akibat pandemi covid-19. Citilink akan terus meningkatkan pelayanan kepada penumpang agar terbang aman dan nyaman," tegasnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Citilink senantiasa menerapkan protokol kesehatan yang ketat di seluruh lini operasional penerbangannya, baik dari pre-, in-, hingga post-flight dengan mengacu pada ketentuan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.
 
"Hal tersebut untuk dapat memastikan seluruh penerbangan berjalan secara optimal dengan tetap memprioritaskan kesehatan dan keamanan bagi seluruh pelanggan," tutup Dewa.

 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif