Ilustrasi. FOTO: MI/USMAN ISKANDAR
Ilustrasi. FOTO: MI/USMAN ISKANDAR

Telkom Raih Pendapatan Rp143 Triliun Berkat Transformasi Digital

Ekonomi BUMN Telkom
Antara • 21 April 2022 06:50
Jakarta: PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk berhasil membukukan pendapatan konsolidasi perseroan sebesar Rp143,2 triliun di 2021 atau tumbuh positif sebanyak 4,9 persen dibandingkan dengan di 2020.
 
Alhamdulillah langkah Telkom menjadi digital telco mulai memperlihatkan hasil yang baik, dengan pendapatan, EBITDA  (laba sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi), laba bersih pada akhir 2021 yang tumbuh positif," ujar Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah, dilansir dari Antara, Kamis, 21 April 2022.
 
Ririek mengatakan pencapaian ini tidak lepas dari konsistensi perusahaan dalam melakukan transformasi digital, memperkuat kapabilitas digital, serta melakukan inovasi di berbagai aspek. Kali ini strategi Five Bold Moves merupakan prioritas memperkuat competitive advantages perusahaan sehingga mampu mengakselerasi terwujudnya visi menjadi terdepan kelas dunia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Setelah berhasil melakukan unlocking bisnis tower Mitratel, kini Telkom fokus untuk mendorong keempat strategi lainnya yang kami targetkan dapat terealisasi hingga akhir 2023," katanya.
 
Telkom menutup kinerja tahun buku 2021 dengan kinerja yang memuaskan, baik dari pendapatan, EBITDA , maupun laba bersih. Telkom mencatat laba bersih sebesar Rp24,8 triliun atau tumbuh 19 persen dari periode yang sama tahun lalu.
 
Pencapaian ini diperoleh dari pendapatan konsolidasi perseroan sebesar Rp143,2 triliun tumbuh positif sebesar 4,9 persen dibandingkan dengan 2020. EBITDA perseroan di 2021 tercatat Rp75,7 triliun atau tumbuh positif 5,1 persen tahun ke tahun (YoY). Margin EBITDA dan laba bersih juga mengalami peningkatan menjadi 52,9 persen dan 17,3 persen.
 
Telkom konsisten fokus mengembangkan tiga domain bisnis digital, yakni digital connectivity, platform, dan services. Selain itu, secara kontinyu mengembangkan kapabilitas digitalnya melalui tiga strategi, yakni membangun kapasitas sendiri, menjalin kemitraan strategis dengan tech giant/global partner, dan melalui investasi secara selektif.
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif