Terminal 3 Internasional Bandara Soekarno Hatta - - Foto Antara/ Muhammad Iqbal
Terminal 3 Internasional Bandara Soekarno Hatta - - Foto Antara/ Muhammad Iqbal

AP II hanya Operasikan 3 Terminal di Bandara Soetta

Ekonomi angkasa pura ii bandara soekarno-hatta Kenormalan Baru
Antara • 18 Juni 2020 14:02
Jakarta: PT Angkasa Pura II mengoperasikan sebagian terminal di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) menjelang diterapkannya tatanan normal baru. Bandara terbesar di Indonesia tersebut hanya melayani penerbangan di Terminal 2D dan 2E serta Terminal 3.

"Untuk sementara waktu Terminal 1 (1A, 1B, 1C) dan Terminal 2F tidak dioperasikan," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin dikutip dariAntara, Kamis, 18 Juni 2020.
 
Awaluddin menjelaskan keputusan mengoperasikan sebagian terminal tersebut didasari tiga pertimbangan. Pertama penyesuaian pola operasional di tengah pandemi guna membuat Bandara Soekarno-Hatta beraktivitas secara efektif.

 
"Terdapat empat kategori pola operasional yang ditetapkan perseroan yaitu normal operation, slow down operation dan minimum operational level I dan minimum operation level II," paparnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pertimbangan kedua, yakni efektivitas operasional. Seluruh bandara PT Angkasa Pura II termasuk Bandara Soekarno-Hatta menerapkan konsep Agile Operation, Resilience Operation dan Lean Operation, sehingga dapat beroperasi mengikuti dinamisnya prosedur yang ditetapkan oleh regulator serta perkembangan dinamika operasi kebandarudaraan yang ada.
 
Pertimbangan terakhir dengan menutup Terminal 1 dan 2F demi mempercepat program revitalisasi gedung terminal yang saat ini masih berlangsung.
 
"Revitalisasi Terminal 1C dan 2F ini termasuk ke dalam proyek prioritas, begitu juga dengan perumusan perencanaan atau desain Terminal 4 di Bandara Soekarno-Hatta," pungkas dia.
 
Adapun Terminal 2D mengoperasikan maskapai Citilink, Sriwijaya, Airfast, Trigana Air, NAM Air, dan Express Air.
 
Untuk Terminal 2E, maskapai AirAsia Indonesia (akan beroperasi 19 Juni 2020), Batik Air dan Lion Air.
 
Terminal 3, yakni Garuda Indonesia, Cathay Pacific, Ethiopian Airlines, All Nippon Airlines, Japan Airlines, Lion Air (internasional), Korean Air, Qatar Airways, Thai Lion, dan Singapore Airlines.

 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif