Pemerintah memberi keringanan untuk 11,9 Juta nasabah KUR - - Foto: MI/ Adam Dwi
Pemerintah memberi keringanan untuk 11,9 Juta nasabah KUR - - Foto: MI/ Adam Dwi

Pemerintah Beri Keringanan untuk 11,9 Juta Nasabah KUR

Ekonomi kredit kur Berita Virus Corona Hari Ini
Eko Nordiansyah • 07 April 2020 16:12
Jakarta: Pemerintah akan memberi keringanan bagi 11,9 juta nasabah Kredit Usaha Rakyat (KUR). Insentif tersebut berupa penundaan pembayaran cicilan dan bunga kredit bagi nasabah KUR tersebut.
 
"Kami juga memberikan untuk KUR 11,9 juta UMKM, termasuk 22 ribu TKI yang akan mendapatkan fasilitas penundaan pokok dan bunga dari KUR ini," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa, 7 April 2020.
 
Menkeu menambahkan keringanan kredit KUR ini juga akan diberikan bagi nasabah di sektor pertanian. Selain itu, nasabah dari program kredit ultra mikro (UMi) dan program Mekaar yang dijalankan oleh PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PMN juga mendapatkan insentif serupa.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adapun keringanan ini merupakan salah satu program pemerintah dalam memberi pengamanan jaminan sosial (social safety net). Sedikitnya anggaran sebesar Rp110 triliun dialokasikan untuk bantuan sosial (bansos), kartu sembako, hingga kartu prakerja.
 
Untuk program keluarga harapan (PKH) akan diberikan kepada 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM), 20 juta penerima kartu sembako, dan 5,6 juta penerima kartu prakerja. Di luar itu, pemerintah masih akan memberikan bansos kepada mereka yang terdampak, serta relaksasi kredit.
 
"Keseluruhan anggaran pemerintah ini akan dibuat agar tidak ada rakyat yang tidak mendapatkan. Kita akan terus memperbaiki database-nya sehingga seluruh bansos dan juga bantuan kepada usaha kecil itu target bisa terpenuhi," pungkas dia.
 
Hingga Februari 2020, realisasi penyaluran KUR tercatat sebesar Rp34,94 triliun atau 18,38 persen dari target Rp190 triliun. Sejak 2015 hingga akhir Februari 2020 ini, realisasi penyaluran KUR tercatat sebesar Rp506,56 triliun dengan outstanding senilai Rp165,06 triliun.
 

(Des)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif