Beras. Foto : MI.
Beras. Foto : MI.

Mentan Targetkan Surplus Beras Bisa 1 Juta Ton

Ekonomi beras mentan
Ilham wibowo • 01 September 2020 10:29
Jakarta: Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mencanangkan target tinggi produksi beras di musim tanam mendatang. Lumbung beras seperti di Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan beras harus bisa surplus satu juta ton agar menjaga ketahanan pangan.
 
"Kalimantan Selatan saya lihat produksinya cukup bagus, bahkan over stock. Kalau bisa surplus harus sampai satu juta ton. Kita targetkan itu, kita cari dan kita usahakan biar bisa tercapai," kata Syahrul melalui keterangan resmi, Selasa, 1 September 2020.
 
Kawasan Kalsel memiliki ketersediaan lahan yang sangat potensial untuk memperkuat produksi pangan. Hasil panennya pun bisa menjadi stabilitas harga pangan nasional.
 
"Kalau untuk konsumsi lokal Kalimantan Selatan kita tidak khawatir, sudah over stock, bahkan lebih dari setengah. Dengan jumlah ini Kalsel bisa ekspansi produksi ke daerah daerah yang membutuhkan," tuturnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kelebihan tanah pertanian di Kalsel satu di antaranya yakni kontur lahan datar. Kondisi seperti itu dinilai sangat cocok untuk ditanami padi dengan penerapan teknologi pengairan yang optimal.
 
"Tinggal water manajemen yang harus dibenahi dan dimaksimalkan, irigasi, dan jalan tani yang harus baik. Jika semua sudah oke, berarti semua bisa diatur untuk penanaman, padi bisa dikembangkan lebih maksimal," ujar Syahrul.  

 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif