Permintaan sepeda tinggi membuat ketersediaan komponen jadi rebutan, Foto: Dok.MI
Permintaan sepeda tinggi membuat ketersediaan komponen jadi rebutan, Foto: Dok.MI

Permintaan Sepeda Tinggi, Ketersediaan Komponen Jadi Rebutan

Ekonomi sepeda virus corona Bisnis Sepeda
Ilham wibowo • 23 Juni 2020 14:50
Jakarta: Asosiasi Pengusaha Sepeda Indonesia (Apsindo) menilai langkanya stok sepeda di luar prediksi para produsen maupun importir. Hal ini lantaran kenaikan penjualan terjadi dalam tempo singkat.
 
Peningkatan transaksi produk yang terjadi saat pandemi covid-19, bahkan telah melebihi penjualan tertinggi tahunan pada momentum Lebaran yang hanya naik dua kali lipat.
 
Selain itu, tren peningkatan bersepeda juga terjadi di banyak negara seperti Eropa, Amerika, dan Tiongkok sebagai basis produksi material penting pada produk sepeda. Ketersediaan komponen yang terbatas dan menjadi rebutan membuat produsen dan importir sepeda di Indonesia mesti sabar menunggu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ada keterbatasan suplai stok barang karena banyak produsen komponen yang di Tiongkok sendiri sudah full, seperti grup set Shimano, misalnya, itu sudah sampai September sudah tidak bisa suplai barang," ujar Sekretaris Jenderal Apsindo Eko Wibowo Utomo saat dihubungi Medcom.id, Selasa, 23 Juni 2020.
 
Kendati permintaan meningkat, saat ini pengusaha sepeda masih wait and see terkait perkembangan tren produk secara jangka panjang atau setelah pandemi covid-19 berakhir. Selain ketersediaan komponen, langkah untuk memperbanyak stok produk juga belum bisa dilakukan lantaran situasi momentum peningkatan yang durasinya dikhawatirkan singkat.
 
"Pasti ada masanya turun, nah apakah pada saat sudah kita suplai kemudian dan akhirnya barang tidak banyak yang terjual. Baik produsen maupun importir sedang pantau untuk memenuhi permintaan pasar yang saat ini cukup tinggi," ungkapnya.
 
Mengenai produk, dia mengatakan sepeda model tiga lipatan merupakan jenis yang paling laris, baik untuk kalangan anak muda maupun orang tua. Sepeda dengan brand besar, baik asing maupun lokal, ketersediaan stoknya kini sudah langka di tingkat distributor.
 
"Sepeda tiga lipatan itu yang memang stoknya sudah sold out, seperti Brompton, Element, Trifolds, dan beberapa merek lain itu tidak ada di pasar, hampir sebulan lebih sudah habis," pungkasnya.
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif