Shopee x Vidio luncurkan fitur Vidio Shopping, Foto: Medcom.id/Annisa Ayu
Shopee x Vidio luncurkan fitur Vidio Shopping, Foto: Medcom.id/Annisa Ayu

Kolaborasi Vidio X Shopee, Check Out Belanja Bisa Langsung dari Tayangan Favorit

Annisa ayu artanti • 30 September 2025 18:50
Jakarta: Kabar gembira untuk para pecinta belanja online, Vidio, OTT lokal resmi meluncurkan fitur Vidio Shopping. Fitur ini merupakan kolaborasi strategis dengan perusahaan e-commerce Shopee, menggabungkan hiburan premium dan kemudahan berbelanja online dalam satu layar.
 
Melalui Vidio Shopping, penonton bisa langsung membeli produk yang muncul di dalam tayangan favorit mereka, tanpa perlu beralih aplikasi. 
 
Fitur picture-in-picture (PIP) menjaga tayangan tetap berjalan, sehingga penonton tetap terhibur sekaligus bisa berbelanja dengan lebih praktis.

Pada peluncuran versi Alpha di bulan Juli 2025, integrasi ini diterapkan pada tayangan unggulan seperti Premier League, Asmara Gen Z, dan berbagai judul Vidio Original Series.
 
Penonton bisa langsung membeli produk, seperti produk kecantikan maupun gadget, melalui Shopee tanpa perlu meninggalkan layar. 
 
Baca juga: Rasakan Manfaat Belanja Lebih Hemat dan Seru bersama ShopeeVIP

Nonton sambil check-out kini semakin seamless

Melalui fitur itu, Vidio menghadirkan pengalaman menonton sekaligus berbelanja yang seamless. Tidak seperti platform berbasis User Generated Content (UGC), Vidio menampilkan konten yang terkurasi sehingga setiap produk hadir di ruang yang aman, berkualitas, dan merepresentasikan brand secara optimal. 
 
Produk muncul pada momen paling relevan, terhubung langsung dengan katalog Shopee, proses belanja menjadi lebih praktis tanpa mengganggu keseruan menonton.
 
Perbandingan dari bulan September dengan bulan sebelumnya, jumlah rata-rata produk terjual harian meningkat hingga 41 persen. Terlebih pada momentum Payday bahkan menghadirkan lonjakan produk yang terjual hingga 47 persen.
 
Tren konten juga memberi warna menarik. Sinetron dan K-Drama menjadi favorit untuk
pembelanja kategori Fashion & Beauty, dengan transaksi 1,5x lebih banyak dibandingkan
genre lain. 
 
Deputy director of Digital and emerging Media Emtek media, Haswar Hafid, mengungkapkan, Vidio Shopping merupakan langkah nyata kami mengintegrasikan hiburan dengan gaya hidup digital. 
 
"Vidio Shopping available di semua konten sport, BRI Super League, Vidio Original Series, tayangan SCTV, Indosiar. Dengan begitu Vidio Shopping bisa nonton dan belanjan nyaman dihalaman yang sama," kata Haswar dalam konferensi pers, Selasa, 30 September 2025.
 
Baca juga: Jangan Panik! Ini Cara Atur Prioritas Belanja Saat Diskon Gila-Gilaan

Shopee perkuat kolaborasi berbagai lini

Sebagai mitra strategis, Shopee memperkuat kolaborasi ini melalui ekosistem e-commerce yang terintegrasi dan berbasis teknologi canggih. 
 
Dengan berbagai program, fitur, dan layanan yang ditawarkan, Shopee menciptakan jembatan mulus antara konten dan commerce, memberikan nilai tambah baik bagi pembeli maupun penjual.
 
Senior Director of Business Development Shopee Indonesia, Adi Rahardja, menambahkan fitur Vidio Shopping ini menawarkan cara baru berbelanja di Shopee, dengan lebih interaktif, seamless, dan menyenangkan bagi pengguna. 
 
"Tidak hanya memudahkan masyarakat dalam menemukan beragam produk favorit mereka sambil menonton tayangan premium, kolaborasi ini juga membuka peluang besar bagi brand lokal dan UMKM untuk menjangkau audiens yang lebih luas," tutur Adi.
 
"Kami berharap fitur ini dapat hadir menjadi kesempatan lebih besar bagi pelaku usaha lokal dalam mengembangkan bisnis mereka serta terhubung dengan konsumen melalui medium yang relevan dan kontekstual," imbuh Adi.

Peluang ekonomi baru bagi brand lokal dan UMKM

Fitur ini membuka luas peluang ekonomi baru bagi brand lokal dan UMKM. Salah satunya adalah hadirnya brand lokal milik artis ternama Manifest dari Wulan Guritno dan Denyut Semesta dari Asri Welas. Peluncuran kedua brand itu dilakukan hari ini, bersamaan dengan perilisan fitur Vidio Shopping. 
 
Melalui Manifest, brand lifestyle yang ia perkenalkan, Wulan ingin mengajak setiap orang merayakan keseimbangan hidup lewat rangkaian produk parfum, diet, dan detox.
 
“Manifest lahir dari keyakinan bahwa kecantikan adalah ritual keseimbangan hidup, bukan
sekadar penampilan. Kami senang sekali bisa meluncurkan Manifest melalui Vidio Shopping
x Shopee, sehingga semakin banyak orang bisa menjadikan produk kami bagian dari perjalanan mereka menuju hidup sehat dan berdaya,” ungkap Wulan Guritno.

 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(ANN)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan