Stimulus tersebut difasilitasi dengan menggelar bazar Jelajah Kuliner Nusantara di Medan yang digelar selama tiga hari mulai 31 Mei hingga 2 Juni ini dan membukukan lebih dari 4.500 transaksi dengan nilai mencapai hampir Rp500 juta.
Direktur Hubungan Kelembagaan PTPN IV PalmCo Irwan Perangin-angin menyatakan bazaar yang menghadirkan puluhan menu Nusantara dari UMKM setempat itu merupakan komitmen dan kontribusi nyata BUMN dalam mendukung pelaku usaha kecil di bidang kuliner.
"Harapannya kawan-kawan UMKM dapat naik kelas. Dengan Jelajah Kuliner Nusantara hasil kolaborasi BUMN didukung Kementerian BUMN, semoga ini bisa menjadi stimulus positif bagi semuanya," tambah dia, dalam keterangan tertulis, Selasa, 4 Juni 2024.
Baca juga: Ini Strategi Awal PalmCo Pascakelola Perkebunan Sawit Terluas di Dunia |
Sinergi perusahaan BUMN
Acara JKN yang mengusung tema "Petualangan Kulinermu Dimulai dari Sini" merupakan sinergi beberapa perusahaan BUMN (terdiri dari PTPN Grup, Bank Syariah Indonesia, PT KAI, PT Pos Indonesia, PT Inalum, dan PT Bukit Asam) juga menghadirkan lebih dari 80 jenis sajian beragam khas Nusantara yang autentik.
"Kita percaya dengan rasa khas nusantara ini, maka bisa menjadi pengalaman kuliner yang tidak terlupakan bagi pengunjung. Serta meningkatkan awarness dan minat belanja masyarakat terhadap produk-produk UMKM melalui Pasar Dgital (PaDi) UMKM," kata Irwan.
Tercatat, dalam gelaran bazar JKN tersebut terjadi 4.543 transaksi dengan 4.508 transaksi preorder PaDi senilai Rp414 juta, dan 16 transaksi PO retail dan buyer grup Rp5 juta.
JKN Medan merupakan gelaran kedua setelah sebelumnya acara serupa dilaksanakan di kota Bandung, 24-26 Mei 2024 UMKM ini merupakan bagian dari komitmen dan konsistensi BUMN meningkatkan peran penting UMKN yang menjadi tulang punggung dalam perekonomian nasional melalui kontribusi signifikan terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) dan penyerapan tenaga kerja.
JKN mengikutsertakan UMKM binaan Rumah BUMN dari masing-masing BUMN penyelenggara.
"Rumah BUMN adalah wadah bagi para pelaku UMKM yang dibina oleh perusahaan-perusahaan negara untuk memfasilitasi UMKM agar naik kelas, mulai dari menerima pelatihan, pendampingan, pemenuhan legalitas usaha. Termasuk acara Bazaar JKN yang mampu mendatangkan konsumen yang kita harapkan merangsang pertumbuhan mereka," lanjut dia.
Selain dapat menyantap berbagai makanan unik khas Nusantara, pengunjung juga dimanjakan dengan berbagai penampilan musik dari artis nasional Idgitaf dan Stevan Pasaribu, penampilan musik tradisional Batak Karo yaitu Kulcapi dari Jacky Sembiring. Selain itu juga terdapat pertunjukan memasak secara langsung dari Yulita Master Chef Indonesia Season 5, Kompetisi Barista, Pameran Cosplay, dan Talkshow Expert Talk dari Pengusaha Nasional Gufron Syarif CEO & Founder Haus Indonesia.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News